Senin 16 Oct 2023 14:28 WIB

Tiga Keistimewaan Palestina

Palestina adalah wilayah yang memiliki banyak keistimewaan.

Rep: Muhyiddin/ Red: Muhammad Hafil
Seorang perempuan membaca Alquran dengan latar belakang Dome of Rock, kompleks Masjid Al Aqsa, Palestina.
Foto: republika
Seorang perempuan membaca Alquran dengan latar belakang Dome of Rock, kompleks Masjid Al Aqsa, Palestina.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Palestina adalah wilayah yang memiliki banyak keistimewaan. Namun, Palestina juga telah menghadapi banyak tantangan dan konflik hingga kini, yang mempengaruhi kehidupan sehari-hari penduduknya.

Palestina merupakan tempat yang memiiki sejarah yang sangat panjang. Nabi Musa pernah membawa kaumnya keluar dari Mesir menuju Palestina. 

Baca Juga

Selain itu, Palestina atau Baitul Maqdis juga merupakan arah kiblat pertama bagi umat Islam. Kiblat pertama umat Islam ini terletak di kawasan Kota Tua Yerusalem.

Palestina terletak di Timur Tengah antara Laut Tengah dan Sungai Yordan. Palestina merupakan salah satu wilayah negeri Syam yang banyak ditinggali para nabi.

Sebagai tanah para nabi, Palestina memiliki beberapa keistimewaan. Menukil dari buku Memori Palestina dan Romawi Timur terbitan Cerdas Interaktif, berikut tiga keistimewaan Palestina:

1. Di Palestina terdapat Masjid Al Aqsa yang menjadi arah kiblat pertama bagi umat Islam. Masjid Al Aqsa juga memiliki kedudukan istimewa setelah Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

Umat Islam yang melaksanakan sholat di Masjid Al Aqsa akan mendapatkan pahala 500 kali lipat sholat di masjid lain (selain Masjidil Haram dan Masjid ?c?azZ  gNabawi).

2. Beberapa nabi pernah hidup dan tinggal di Palestina, yaitu Nabi Ibrahim, Nabi Ismail, Nabi Ishak, Nabi Yakub, Nabi Yusuf, Nabi Luth, Nabi Daud, Nabi Sulaiman, Nabi Saleh, Nabi Zakaria, Nabi Yahya, dan Nabi Isa.

3. Nabi Muhammad melakukan perjalanan dari Masjidil Haram di Makkah ke Masjidil Aqsa di Palestina dalam perjalanan Isra Mi’raj. 

Isra Mi'raj adalah perjalanan agung Nabi Muhammad menuju langit ke-7 untuk menerima perintah shalat dari Allah SWT.

 

 

 

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement