Ahad 15 Oct 2023 19:48 WIB

5 Mukjizat Nabi Daud Pemimpin Bani Israel di Wilayah Palestina 

Nabi Daud merupakan pemimpin Bani Israel yang sukses

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti / Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi Nabi Daud(ilustrasi). Nabi Daud merupakan pemimpin Bani Israel yang sukses
Foto:

Dengan kemampuan yang diberi Allah SW, Nabi Daud AS menjadi orang pertama yang mampu membuat baju besi yang digunakan sebagai pelindung dalam peperangan. 

Besi itu dilunakkan dengan tangannya seperti mengurai benang saja tanpa dipanaskan sedikitpun. Demikian karena Nabi Daud as memiliki kekuatan tangan yang luar biasa seperti disebutkan dalam surat Shad ayat 17: 

اصْبِرْ عَلَى مَا يَقُولُونَ وَاذْكُرْ عَبْدَنَا دَاوُودَ ذَا الأيدِ إِنَّهُ أَوَّابٌ   

Artinya: "Bersabarlah atas segala apa yang mereka katakan; dan ingatlah hamba Kami Nabi Daud as yang mempunyai kekuatan tangan; sesungguhnya dia amat taat (kepada Tuhan).”  

Apa yang diciptakan Nabi Daud AS yang mampu melunakan besi dengan tangannya untuk kemudian dijadikan pakaian pelindung adalah sebagai pembuktian apa yang disampaikan Allah SWT dalam surat an-Nahl ayat 81: 

وَاللَّهُ جَعَلَ لَكُمْ مِمَّا خَلَقَ ظِلَالًا وَجَعَلَ لَكُمْ مِنَ الْجِبَالِ أَكْنَانًا وَجَعَلَ لَكُمْ سَرَابِيلَ تَقِيكُمُ الحَرِّ وَسَرَابِيلَ تَقِيكُمْ بَأْسَكُمْ كَذَلِكَ يُتِمُّ نِعْمَتَهُ عَلَيْكُمْ لَعَلَّكُمْ تُسْلِمُونَ  

Artinya: "Dan Allah menjadikan bagimu tempat bernaung dari apa yang telah Dia ciptakan, dan Dia jadikan bagimu tempat-tempat tinggal di gunung-gunung, dan Dia jadikan bagimu pakaian yang memeliharamu dari panas dan pakaian (baju besi) yang memelihara kamu dalam peperangan. Demikianlah Allah menyempurnakan nikmat-Nya atasmu agar kamu berserah diri (kepada-Nya).”  

Baca juga: Lokasi yang akan Menjadi Pertarungan Antara Nabi Isa dan Dajjal Kelak 

Bahkan, baju besi yang diciptakan Nabi Daud as adalah baju besi dalam ukuran yang besar dan sangat kokoh serta rapi. Demikian menunjukan sisi ketinggian seni Nabi Daud AS yang bukan hanya suaranya yang indah ketika membaca Zabur sehingga bisa melunakan hati siapapun yang keras, tasbihnya yang merdu sehingga membuat gunung dan burung ikut bertasbih, hingga hasil karya tangannya yang indah dengan sentuhan seni yang sangat tinggi. Begitulah yang disebutkan dalam surat Saba' ayat 10-11:  

ولقد آتينا دَاوُودَ مِنَّا فَضْلًا يَاجِبَالُ أَوْلِي مَعَهُ وَالطَّير وَالنَّا لَهُ الحديد (10) أنِ اعْمَلْ سَابِغَاتٍ وقَدِّرُ في السَّرْدِ وَاعْمَلُوا صَالِحًا إلى بمَا تَعْمَلُونَ بَصِيرٌ (11) 

Artinya: "Dan sesungguhnya telah Kami berikan kepada Nabi Daud as karunia dari Kami. (Kami berfirman): "Hai gunung-gunung dan burung- burung, bertasbihlah berulang-ulang bersama Nabi Daud as", dan Kami telah melunakkan besi untuknya, (10), (yaitu) buatlah baju besi yang besar-besar dan ukurlah anyamannya, dan kerjakanlah amalan yang saleh. Sesungguhnya Aku melihat apa yang kamu kerjakan.“  

Dari penghasilan pembuatan baju besi inilah Nabi Daud AS menghidupi diri dan keluarganya. Karena itulah, Nabi SAW menjelaskan bahwa Nabi Daud AS adalah di antara manusia terbaik disebabkan dia dan keluarganya tidak pernah makan kecuali hasil usaha tangannya sendiri. 

ما أكل أحد طعامًا فط خيرًا مِنْ أنْ يأكل مِنْ عَمَلِ يَدِهِ وَإِنْ نَبِيَّ اللَّهِ داؤد عَلَيْهِ السَّلام كَانَ يَأْكُلُ مِنْ عَمَلِ يَدِهِ (رواه البخااري)

 

Artinya: "Tidaklah seorang (hamba) memakan makanan yang lebih baik dari hasil usaha tangannya (sendiri), dan sungguh Nabi Daud 'alaihissalam makan dari hasil usaha tangannya (sendiri)." (HR Al Bukhari).                     

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement