Ahad 15 Oct 2023 19:48 WIB

5 Mukjizat Nabi Daud Pemimpin Bani Israel di Wilayah Palestina 

Nabi Daud merupakan pemimpin Bani Israel yang sukses

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti / Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi Nabi Daud(ilustrasi). Nabi Daud merupakan pemimpin Bani Israel yang sukses
Foto:

Ketiga, Nabi Daud AS sebagai nabi yang menerima kitab. Nabi Daud AS menjadi salah satu nabi yang paling mulia, karena dia merupakan nabi yang pernah diturunkan kepadanya kitab Zabur. Demikian disebutkan dalam surat al-Isra ayat 55. 

ورَبُّكَ أَعْلَمُ بِمَنْ في السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَلَقَدْ فَضَّلْنَا بَعْضَ النَّبِيِّينَ عَلَى بَعْضٍ وَآتَيْنَا دَاوُودَ زَبُورًا (55)

Artinya: "Dan Tuhanmu lebih mengetahui siapa yang (ada) di langit dan di bumi. Dan sesungguhnya telah Kami lebihkan sebagian nabi-nabi itu atas sebagian (yang lain), dan kami berikan Zabur (kepada) Nabi Daud as.”  

Kitab Zabur adalah satu kitab suci berupa kumpulan qasidah serta ayat-ayat yang mengandungi tasbih dan puji-pujian kepada Allah SWT. 

Di dalamnya juga terdapat kisah tentang umat-umat terdahulu, berita tentang Nabi yang akan datang setelah Nabi Daud as termasuk berita tentang akan datang dan diutusnya Nabi Muhammad SAW sebagai nabi terkahir. 

Di samping itu, Nabi Daud AS diberikan suara yang sangat merdu di mana ketika dia membacakan Zabur, maka hati orang yang mendengar akan menjadi lunak betapapun kerasnya hati seseorang sebelumnya. 

photo
Infografis 5 Kitab Suci yang Diturunkan pada Nabi - (Republika.co.id)

Kitab Zabur yang berupa berbentuk untaian qasidah yang sangat indah, kemudian didendangkan dengan suara Nabi Daud AS yang sangat merdu sehingga membuat semua telinga yang mendengaranya ketika itu menjadi tersihir karenanya.  

Keempat, ketika Nabi Daud AS bertasbih, maka gunung dan burung juga ikut bertasbih bersamanya. Demikian disebutkan dalam surat al-Anbiya ayat 78-79: 

وَدَاوُودَ وَسُلَيْمَانَ إِذْ يَحْكُمَانِ فِي الْحَرْثِ إِذْ نَفشَتْ فِيهِ عَنْمُ الْقَوْمِ وَكُنَّاا لِحُكْمِهِمْ شَاهِدِينَ (78) فَفَهَّمْنَاهَا سُلَيْمَانَ وَكُلًّا آتَيْنَا حُكْمًا وَعِلْمًا وَسَخَّرْنرْنَا مَعَ دَاوُودَ الجِبَالَ يُسَبِّحْنَ وَالطَّيْرِ وَكُنَّا فَاعِلِينَ (79) 

Artinya: "Dan (ingatlah kisah) Nabi Daud as dan Sulaiman, di waktu keduanya memberikan keputusan mengenai tanaman, karena tanaman itu dirusak oleh kambing-kambing kepunyaan kaumnya. Dan adalah Kami menyaksikan keputusan yang diberikan oleh mereka itu, (78), maka Kami telah memberikan pengertian kepada Sulaiman tentang hukum (yang lebih tepat); dan kepada masing-masing mereka telah Kami berikan hikmah dan ilmu dan telah Kami tundukkan gunung- gunung dan burung-burung, semua bertasbih bersama Nabi Daud as. Dan Kami lah yang melakukannya. (79).”   Kisah bertasbihnya gunung-gunung dan burung bersama Nabi Daud as disebutikan dalam tiga surat; Pertama, surat al anbiya 78-79 seperti terlihat dalam ayat di atas.  Kedua, surat Shad ayat 18: 

إنَّا سَخَرْنَا الْجِبَالَ مَعَهُ يُسَبِّحْنَ بِالعَشِي وَالْإِشْرَاقِ  

Baca juga: Firaun Mengaku Tuhan dengan Segala Dusta, Tetapi Mengapa Masyarakat Mesir Kuno Percaya?

Artinya: "dan (Kami tundukkan pula) burung-burung dalam keadaan terkumpul. Masing-masingnya amat taat kepada Allah.” Ketiga, surat Saba ayat 10: 

ولقد آتينا دَاوُودَ مِنَّا فَضْلًا يَاجِبَالُ أوبي مَعَهُ وَالطَّير وَالنَّا لَهُ الحديد  

Artinya: "Dan sesungguhnya telah Kami berikan kepada Nabi Daud as karunia dari kami. (Kami berfirman): "Hai gunung-gunung dan burung- burung, bertasbihlah berulang-ulang bersama Nabi Daud as", dan Kami telah melunakkan besi untuknya.” 

Kelima, mampu melunakan besi dengan tangannya. seperti disebutkan dalam surat al-Anbiya ayat 80:  

وَعَلَّمْنَاهُ صَنْعَة لَبُوس لَكُمْ لِمُحْصِنَكُمْ مِنْ بَأْسِكُمْ فَهَلْ أَنتُمْ شاكرون   

Artinya: "Dan telah Kami ajarkan kepada Nabi Daud AS membuat baju besi untuk kamu, guna memelihara kamu dalam peperanganmu, Maka hendaklah kamu bersyukur (kepada Allah).”  

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement