Jumat 13 Oct 2023 04:05 WIB

Nabi Sulaiman dan Semut yang Meminta Diturunkan Hujan 

Nabi Sulaiman memiliki tentara yang terdiri dari jin, manusia, dan burung.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Ani Nursalikah
Hujan (ilustrasi)
Foto: ist
Hujan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Suatu hari Nabi Sulaiman alaihissalam berjalan bersama bala tentaranya yang besar. Mereka terdiri dari jin, manusia, dan burung.

Jin dan manusia berjalan bersamanya, sedangkan burung terbang di atasnya menaunginya dengan sayap. Pada setiap kelompok dari ketiga jenis pasukannya itu telah ditetapkan pemimpin yang mengatur barisan mereka. 

Baca Juga

 

وَحُشِرَ لِسُلَيۡمٰنَ جُنُوۡدُهٗ مِنَ الۡجِنِّ وَالۡاِنۡسِ وَالطَّيۡرِ فَهُمۡ يُوۡزَعُوۡنَ

 

Dan dihimpunkan untuk Sulaiman tentaranya dari jin, manusia dan burung lalu mereka itu diatur dengan tertib (dalam barisan). (QS. An-Naml ayat 17) 

 

Ketika Sulaiman alaihissalam dan bala tentaranya akan melewati lembah semut, seekor semut di antara mereka memperingatkan kaumnya segera masuk ke sarang masing-masing sebelum terinjak oleh Sulaiman alaihissalam dan tentaranya, seraya dia memaklumi perbuatan Nabi Sulaiman alaihissalam dan bala tentaranya karena mereka tidak mengetahui keberadaan semut-semut yang kecil itu. 

 

Allah Ta'ala kisahkan hal tersebut dalam ayatnya, 

حَتّٰىٓ اِذَآ اَتَوْا عَلٰى وَادِ النَّمْلِۙ قَالَتْ نَمْلَةٌ يّٰٓاَيُّهَا النَّمْلُ ادْخُلُوْا مَسٰكِنَكُمْۚ لَا يَحْطِمَنَّكُمْ سُلَيْمٰنُ وَجُنُوْدُهٗۙ وَهُمْ لَا يَشْعُرُوْنَ

Hingga apabila mereka sampai di lembah semut berkatalah seekor semut: Hai semut-semut, masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari," (QS. An-Naml ayat 18).

 

Seperti dikutip Kisah Para Nabi oleh Ibnu Katsir, Nabi Sulaiman alaihissalam yang memahami pembicaraan semut tersebut tersenyum, dia bergembira atas karunia Allah kepadanya yang tidak diberikan kepada selainnya. Karena itu dia berdoa kepada Allah Ta'ala agar selalu diberikan rasa syukur kepada atas nikmat dan kekhususan yang diberikan kepada dirinya.

 

 

Dia berdoa...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement