Kamis 12 Oct 2023 17:51 WIB

Agar Terhindar dari Penyakit, Ikuti Cara Nabi Muhammad Menjaga Kebersihan Diri Ini

Kebiasaan higienis pada hakikatnya merupakan bagian dari wudhu.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Ani Nursalikah
Nabi Muhammad SAW.
Foto:

Salah satu teorinya adalah bakteri dari mulut menyebar ke seluruh tubuh, memperburuk kondisi peradangan, seperti penyakit jantung, rheumatoid arthritis, dan diabetes tipe 2. Membersihkan gigi dan kebersihan mulut secara umum adalah praktik yang sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. 

Ketika Beliau menceritakan kepada para pengikutnya tentang keutamaan menjaga kebersihan mulut, beliau menyebutkan ini adalah salah satu dari empat hal yang dilakukan dan dianjurkan oleh para nabi sebelumnya, diantaranya adalah menggunakan wewangian, pernikahan, dan kesopanan. 

Nabi Muhammad juga bersabda menggunakan siwak untuk membersihkan mulut dan menyenangkan Allah. Nabi SAW memerintahkan orang-orang beriman untuk membersihkan gigi mereka sebelum setiap sholat kecuali karena menurutnya hal itu akan membebani mereka. Menurut sebuah artikel di jurnal National Library of Medicine, siwak mengandung salvadorine dan trimetilamina, yang terbukti menunjukkan efek anti-bakteri. 

Siwak juga mendukung kesehatan gusi dan merupakan obat kumur yang efektif. Hal ini dianggap setidaknya sama efektifnya dengan menyikat gigi dalam mengurangi plak dan radang gusi.

Ada banyak praktik Islam yang sangat sesuai dengan ilmu praktik kebersihan abad ke-21. Hal ini berkontribusi terhadap kesehatan yang baik. Dalam Islam kesehatan jiwa dan raga sama pentingnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement