Kamis 12 Oct 2023 17:51 WIB

Agar Terhindar dari Penyakit, Ikuti Cara Nabi Muhammad Menjaga Kebersihan Diri Ini

Kebiasaan higienis pada hakikatnya merupakan bagian dari wudhu.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Ani Nursalikah
Nabi Muhammad SAW.
Foto:

Mencuci lubang hidung

Membilas hidung dengan air merupakan bagian penting dalam kehidupan sehari-hari seorang muslim. Nabi Muhammad menasihati untuk menghirup air ke dalam hidung terlebih dahulu setelah bangun tidur di pagi hari dan meniupkannya sebanyak dua atau tiga kali.

Pembersihan bagian dalam hidung secara konsisten membantu mencegah pilek, hidung tersumbat kronis, postnasal drop, infeksi sinus yang sering terjadi, asma, dan penyakit pernapasan lainnya.

Kebersihan hidung penting karena hidung memproses udara yang dihirup sebelum mencapai paru-paru. Dengan demikian, hidung akan melindungi kesehatan dengan menyaring udara dan mencegah partikel sekecil serbuk sari memasuki paru-paru.

Menggosok gigi

Penelitian terbaru mengaitkan penyakit gusi (periodontal) dengan risiko penyakit jantung dan strok. Meskipun penelitian tidak menyatakan penyakit gusi menyebabkan kondisi ini, beberapa penelitian menunjukkan orang yang menderita penyakit gusi lebih mungkin menderita penyakit jantung dibandingkan orang yang memiliki mulut sehat.

Kedua kondisi tersebut memiliki beberapa faktor risiko yang sama, termasuk merokok, gizi buruk, dan diabetes. Namun, bahkan pada populasi yang tidak merokok, terdapat korelasi yang kuat antara kesehatan mulut dan penyakit jantung.

Bakteri di mulut...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement