Kamis 12 Oct 2023 17:51 WIB

Agar Terhindar dari Penyakit, Ikuti Cara Nabi Muhammad Menjaga Kebersihan Diri Ini

Kebiasaan higienis pada hakikatnya merupakan bagian dari wudhu.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Ani Nursalikah
Nabi Muhammad SAW.
Foto:

Mencuci tangan

Saat batuk, bersin atau menguap, seorang muslim menutup mulut dan hidungnya dengan saputangan atau tisu, atau tangannya. Menutup tangan diperbolehkan selama orang tersebut mengikuti pedoman Islam untuk mencuci tangan.

Nabi Muhammad SAW berpesan untuk mencuci tangan, sebelum sholat, sebelum dan sesudah makan, dan saat bangun di pagi hari.

Kebiasaan higienis pada hakikatnya merupakan bagian dari wudhu, ritual mencuci atau berwudhu yang dilakukan seorang Muslim sebelum sholat. Tanpa wudhu, sholatseorang muslim tidak sah. Wudhu meliputi membersihkan tangan, mulut, wajah, dan lengan hingga siku, kepala, telinga, dan kaki. 

Praktik kebersihan dasar ini sekarang dikenal sebagai bagian integral dari kesehatan yang baik. Banyak virus dan bakteri menginfeksi manusia hanya ketika mereka masuk ke hidung atau mulut. Penderita penyakit yang ditularkan melalui jalur fecal-oral dapat menyebarkan penyakit tersebut ke benda atau makanan di sekitarnya jika mereka tidak mencuci tangan dengan baik setelah menggunakan toilet.

Nabi Muhammad menasihati para pengikutnya untuk mencuci tangan setelah beberapa aktivitas sehari-hari dan sebelum sholat lima waktu. Rekomendasinya mengikuti pedoman praktik terbaik yang dipromosikan oleh petugas dan fasilitas layanan kesehatan di seluruh dunia.

Nabi Muhammad SAW berpesan, ketika seseorang bangun tidur, ia tidak boleh menyentuh apa pun hingga ia mencuci tangannya, menyentuh suatu benda, benda apa pun yang terinfeksi virus atau bakteri akan menyebarkan infeksi.

Beliau menginstruksikan masyarakat untuk mencuci tangan, baik sebelum dan sesudah makan dan setelah seseorang menggunakan fasilitas toilet untuk tujuan apapun. Hal ini secara efektif menghentikan penyakit yang menyebar melalui jalur feses-oral yang disebutkan di atas.

Mencuci lubang hidung...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement