Rabu 11 Oct 2023 13:20 WIB

Baitul Maqdis, Lokasi Hijrahnya Nabi Sulaiman

Masjid Al Aqsa adalah tempat hijrahnya para Nabi dan Rasul di dalam Alquran.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Ani Nursalikah
Warga Palestina melaksanakan shalat Jumat pertama Ramadan di luar Masjid Dome of Rock di kompleks Masjid Al-Aqsa di Kota Tua Yerusalem, Jumat (24/3/2023).
Foto: AP Photo/Mahmoud Illean
Warga Palestina melaksanakan shalat Jumat pertama Ramadan di luar Masjid Dome of Rock di kompleks Masjid Al-Aqsa di Kota Tua Yerusalem, Jumat (24/3/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Al-Aqsa atau Bait al-Maqdis merupakan masjid yang agung lagi diberkahi dan memiliki kedudukan yang tinggi pada jiwa setiap muslim. Tempat ini juga menjadi tujuan hijrahnya para Nabi dan Rasul, termasuk Nabi Sulaiman alaihissalam. 

 

Baca Juga

Allah SWT telah menjelaskan bahwa masjid al-Aqsa adalah tempat hijrahnya para Nabi dan Rasul di dalam kitab suci Alquran. Selain menjadi tempat hijrahnya Nabi Ibrahim alaihissalam dan Luth alaihissalam, Baitul Maqdis juga menjadi tujuan Nabi Sulaiman alaihissalam.

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman, 

 

وَلِسُلَيْمَٰنَ ٱلرِّيحَ عَاصِفَةً تَجْرِى بِأَمْرِهِۦٓ إِلَى ٱلْأَرْضِ ٱلَّتِى بَٰرَكْنَا فِيهَا ۚ وَكُنَّا بِكُلِّ شَىْءٍ عَٰلِمِينَ

Dan (telah Kami tundukkan) untuk Sulaiman angin yang sangat kencang tiupannya yang berhembus dengan perintahnya ke negeri yang kami telah memberkatinya. Dan adalah Kami Maha Mengetahui segala sesuatu. (QS. Al-Anbiya ayat 81)

 

Berdasarkan Tafsir Al-Muyassar, maksud dari ayat ini, yakni

 

Dan Kami menundukkan bagi Sulaiman angin yang bertiup kencang yang dapat membawa dirinya dan orang-orang yang bersamanya, yang berhembus dengan perintah-Nya menuju negeri Baitul Maqdis di Syam yang Kami curahkan keberkahan padanya dengan berbagai macam kebaikan yang banyak. Dan sungguh ilmu Kami meliputi segala sesuatu.

 

Sementara Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah menjelaskan surat Al-Anbiya ayat 81,

 

Dan Kami tundukkan bagi Sulaiman angin yang berhembus kencang, agar angin itu berhembus sesuai perintahnya menuju negeri Syam yang telah Kami berkahi dengan berbagai sumber daya alam dan buah-buahan. Dan Kami Maha Mengetahui segala sesuatu.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement