Senin 09 Oct 2023 18:31 WIB

Rahasia Kekuatan Tentara Islam di Gaza Palestina Menurut Ulama

Allah SWT melindungi Gaza sebagai bagian dari Syam yang diberkahi

Seorang militan bertopeng dari Brigade Izzuddin Al-Qassam. Allah SWT melindungi Gaza sebagai bagian dari Syam yang diberkahi
Foto:

Teks ini, menurut Ibnu Qudamah, menguatkan posisi Syam berikut kekuatan militernya. Jika demikian, maka Gaza termasuk benteng pertahanan yang kuat itu.

Apa rahasia di balik kekuatan itu? Selain jaminan dari Allah SWT, para malaikat seperti disebutkan hadis riwayat Zaid bin Tsabit, meletakkan sayap mereka bagi Syam. Rasulullah SAW bersabda: 

طُوبَى لِلشَّامِ طُوبَى لِلشَّامِ. قُلْتُ: مَا بَالُ الشَّامِ. قَالَ: الْمَلَائِكَةُ بَاسِطُو أَجْنِحَتِهَا عَلَى الشَّامِ 

“Berbahagialah bagi (penduduk) Syam, beruntunglah bagi (penduduk) Syam”. Aku bertanya apa alasannya? Beliau menjawab, “(Karena) para malaikat mengepakan sayap (menaungi) negeri Syam.” (HR at-Tirmidzi no 3954. Ahmad 35/483 no 21606). 

Sikap shumud, yang ditunjukkan oleh warga Gaza sepanjang sejarah, tentu bukan sekadar faktor kebetulan atau keterpaksaan saja. Ada sentuhan luar biasa dan mahadahsyat di balik itu semua.

Tanpa kehadiran-Nya, maka secara logika dan hitung-hitungan kekuatan militer, Zionis tentu jauh lebih besar berkali-kali lipat. Tetapi, selalu saja tak bisa mematikan faksi-faksi perjuangan rakyat Gaza yang hanya bersenjatakan roket rakitan, lemparan batu, dan senjata AK 47.

photo
Serangan Israel ke Gaza. - (republika)

Maka wajar bila kemudian Ibnu Taimiyah berkomentar, beruntunglah kalian rakyat-rakyat Gaza. Pasalnya, mereka beruntung tinggal di wilayah yang telah tersedia dan terbentang lebar, faktor-faktor ketaatan kepada Allah Swt. dan Rasul-Nya.

Penegasan itu disampaikan, ketika Ibnu Taimiyah ditanya perihal benarkah keistimewaan tinggal di Syam itu benar adanya. “Sebab ketika Allah dan Rasul-Nya mengutarakan keistimewaan itu, tentu lebih mengetahui kebenarannya,” ujar Ibnu Taimiyah. 

Kini, serangan Hamas yang mengejutkan zionis Israel pada Sabtu (7/10/2023) lalu menunjukkan indikator kuat perlindungan malaikat terhadap tentara-tentara Islam di Gaza.

Baca juga: Alquran Sebut Ada Makhluk Hidup di Luar Angkasa, tapi Apakah Alien? Ini Kata Prof Quraish

Israel dan kelompok perlawanan Palestina, Hamas terlibat dalam konflik yang  telah menyebabkan hampir 1.000 orang tewas. pada Sabtu (7/10/2023), Hamas melancarkan serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap Israel, dengan meledakkan sebagian pagar pemisah yang dijaga ketat dan mengirimkan pejuang ke komunitas Israel di sepanjang perbatasan Gaza.

Langkah tersebut mendorong pemerintahan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu untuk memperingatkan perang yang panjang dan sulit. Jet-jet Israel mengebom Jalur Gaza, meratakan gedung-gedung tinggi dan lingkungan sipil.

 

Serangan Hamas ke Israel saat ini adalah eskalasi konflik Israel-Palestina yang terburuk dalam beberapa dekade terakhir. Operasi ini menandai salah satu serangan perbatasan Israel yang paling besar sejak Perang Yom Kippur pada 1973.           

sumber : Harian Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement