Senin 09 Oct 2023 06:00 WIB

Kala Penghuni Neraka Minta Keringanan Siksa

Penghuni neraka meminta keringanan melalui malaikat.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil
 Kala Penghuni Neraka Minta Keringanan Siksa. Foto:  Ilustrasi Neraka
Foto: Pixabay
Kala Penghuni Neraka Minta Keringanan Siksa. Foto: Ilustrasi Neraka

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Kelak para penghuni neraka akan meminta pada para malaikat penjaga neraka untuk menyampaikan permohonan mereka kepada Allah SWT agar diberikan keringanan siksa meskipun hanya satu hari. Namun para penghuni neraka itu tidak memperoleh apa yang diharapkan mereka. Interaksi antara penghuni neraka dan penjaga neraka tersebut tertuang dalam Alquran surat Al Mu'min (Al Ghaafir) ayat 49-50.

وَقَالَ الَّذِينَ فِي النَّارِ لِخَزَنَةِ جَهَنَّمَ ادْعُوا رَبَّكُمْ يُخَفِّفْ عَنَّا يَوْمًا مِنَ الْعَذَابِ (٤٩) قَالُوا أَوَلَمْ تَكُ تَأْتِيكُمْ رُسُلُكُمْ بِالْبَيِّنَاتِ ۖ قَالُوا بَلَىٰ ۚ قَالُوا فَادْعُوا ۗ وَمَا دُعَاءُ الْكَافِرِينَ إِلَّا فِي ضَلَالٍ (٥٠)

Baca Juga

Artinya:Dan orang-orang yang berada dalam neraka berkata kepada penjaga-penjaga neraka Jahannam: "Mohonkanlah kepada Tuhanmu supaya Dia meringankan azab dari kami barang sehari" (49) Penjaga Jahannam berkata: "Dan apakah belum datang kepada kamu rasul-rasulmu dengan membawa keterangan-keterangan?" Mereka menjawab: "Benar, sudah datang". Penjaga-penjaga Jahannam berkata: "Berdoalah kamu". Dan doa orang-orang kafir itu hanyalah sia-sia belaka. (surat Al Mu'min (Al Ghaafir) ayat 49-50).

Dalam kitab Min Wahyil Quran karya Syekh Yasin Muhammad Yahya dijelaskan bahwa pada dua ayat tersebut menjelaskan bahwa orang-orang yang masuk neraka yakni dari golongan kafir dan musyrik meminta kepada para malaikat penjaga neraka agar dimohonkan kepada Allah keringanan siksa neraka meskipun hanya sehari. 

 

Para penjaga neraka pun menjawab permintaan penghuni neraka. Para malaikat penjaga neraka mengingatkan kembali para penghuni neraka tentang para rasul yang telah diutus Allah SWT kepada mereka ketika di dunia. Bahkan para rasul diberikan mukjizat sebagai penjelas kepada manusia. Namun demikian orang-orang musyrik dan kafir mendustai para rasul tidak juga mau mengimaninya. Para penghuninya neraka pun mengakui bahwa ketika di dunia mereka mendapati para rasul namun tak mau mengimaninya. Bahkan mereka mengaku justru memusuhi para rasul. 

Para malaikat penjaga neraka pun lantas menyuruh para penghuni neraka meminta sendiri kepada Allah apa yang menjadi permohonan mereka. Kata fad'u dalam ayat tersebut  memiliki kesan respon merendahkan dari malaikat pada para penghuni neraka. Bahwa apa yang menjadi harapan para penghuni neraka mustahil dikabulkan.

Permohonan para orang kafir itu tak akan diterima dan tak akan memberikan bekas sama sekali. Tidak akan terkabulkan. Karena ketika mereka hidup di dunia mereka menyia-nyiakan waktu, kesempatan berharga untuk beriman.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement