Sabtu 07 Oct 2023 01:17 WIB

6 Gambaran Siksa Neraka yang Disebutkan dalam Alquran dan Hadits

Neraka dipenuhi dengan syahwat dan perkara yang dilarang agama

Rep: Andrian Saputra / Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi Neraka. Neraka dipenuhi dengan syahwat dan perkara yang dilarang agama
Foto:

6. Penghuni neraka memakai sandal dari api neraka hingga otaknya mendidih. Dari An Nu’man bin Basyir radhiallahu’anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: 

إنَّ أهْوَنَ أهل النارِ عذاباً مَنْ لَهُ نَعْلانِ وشِرَاكانِ من نارٍ يَغلي منهما دماغُه كما يغلي المِرْجَل ما يَرَى أنَّ أحداً أشدُّ منهُ عَذَاباً وإنَّهُ لأهْونُهمْ عذاباً

”Penduduk neraka yang paling ringan siksaannya di neraka adalah seseorang yang memakai dua sandal neraka yang memiliki dua tali. Kemudian otaknya mendidih karena panasnya sebagaimana mendidihnya air di kuali. Orang tersebut merasa tidak ada orang lain yang siksanya lebih pedih dari siksaannya. Padahal siksaannya adalah yang paling ringan diantara mereka.” (HR Muslim no  213)

7. Diberi minuman Thinatul Khabal yaitu keringat penghuni neraka. Minuman ini diperuntukkan bagi orang yang sudah minum khamar.  

Baca juga: Alquran Sebut Ada Makhluk Hidup di Luar Angkasa, tapi Apakah Alien? Ini Kata Prof Quraish

Dari Abdullah bin Abbas radhiallahu’anhuma, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: 

على الله عهداً لمنْ شرب المسكرات لَيَسقيِه من طِينةِ الخبَالِ. قالوا: ا: يا رسولَ الله وما طينةُ الخبَالِ؟ قال: عَرقُ أهل النار أو عُصَارةُ أهلِ النارِ 

“Allah berjanji kepada peminum khamr bahwa mereka akan diberi minum berupa thinatul khabal. Para sahabat bertanya, ‘Apakah thinatul khabal itu?’ Nabi menjawab, ‘Yaitu keringatnya  penghuni neraka atau ekstrak dari para penghuni neraka’.” (HR Abu Dawud no 3680) 

8. Diikat 70 ribu tali dan diseret para malaikat. Ibnu Mas’ud radhiallahu’anhu, Nabi shallallahu’alaihi wasallam bersabda:  

يُؤتى بالنارِ يومَ القيامةِ لها سبعون ألفَ زمامٍ مع كلِّ زمامٍ سبعونن ألفَ ملَكٍ يجرُّونَها

“Neraka (Jahannam) pada hari kiamat akan didatangkan, ia memiliki 70 ribu tali. Pada setiap talinya terdapat 70 ribu malaikat yang menariknya.” (HR Muslim no: 2842)  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement