Sabtu 07 Oct 2023 01:17 WIB

6 Gambaran Siksa Neraka yang Disebutkan dalam Alquran dan Hadits

Neraka dipenuhi dengan syahwat dan perkara yang dilarang agama

Rep: Andrian Saputra / Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi Neraka. Neraka dipenuhi dengan syahwat dan perkara yang dilarang agama
Foto: Pixabay
Ilustrasi Neraka. Neraka dipenuhi dengan syahwat dan perkara yang dilarang agama

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Orang-orang yang mengingkari Allah ta'ala dan senang berbuat maksiat akan ditempatkan di neraka.

Mereka akan merasakan pedihnya siksa neraka. Seperti apa siksaanya? Berikut beberapa gambaran siksa neraka seperti disarikan dalam Alquran dan hadits 

Baca Juga

1. Disiramkan air mendidih ke kepala hingga hancur lebur. Allah Ta’ala berfirman: 

فَٱلَّذِينَ كَفَرُواْ قُطِّعَتۡ لَهُمۡ ثِيَابٞ مِّن نَّارٖ يُصَبُّ مِن فَوۡقِ رُءُوسِهِمُ ٱلۡحَمِيمُ ٩ يُصۡهَرُ بِهِۦ مَا فِي بُطُونِهِمۡ وَٱلۡجُلُودُ ٢٠ وَلَهُم مَّقَٰمِعُ مِنۡ حَدِيدٖ ١ كُلَّمَآ أَرَادُوٓاْ أَن يَخۡرُجُواْ مِنۡهَا مِنۡ  غَمٍّ أُعِيدُواْ فِيهَا وَذُوقُواْ عَذَابَ ٱلۡحَرِيقِ 

 

“Maka orang kafir akan dibuatkan untuk mereka pakaian-pakaian dari api neraka. Disiramkan air yang sedang mendidih ke atas kepala mereka. Dengan air itu dihancur luluhkan segala apa yang ada dalam perut mereka dan juga kulit (mereka). Dan untuk mereka cambuk-cambuk dari besi.” (QS Al-Hajj: 19-21).

2. Diberi makanan pohon zaqqum yang membuat perut mendidih. Allah Ta’ala berfirman: 

إِنَّ شَجَرَةَ الزَّقُّومِ طَعَامُ الْأَثِيمِ كَالْمُهْلِ يَغْلِي فِيي الْبُطُونِ كَغَلْيِ الْحَمِيمِ “Sesungguhnya pohon zaqqum itu, makanan orang yang banyak berdosa. (Ia) sebagai kotoran minyak yang mendidih di dalam perut, seperti mendidihnya air yang amat panas” (QS ad-Dukhan: 43-46). 

3. Diberi minum yang menghancurkan usus-usus. Allah Ta’ala juga berfirman: 

 وَسُقُوا مَاء حَمِيمًا فَقَطَّعَ أَمْعَاءهُمْ “Mereka (penghuni neraka) diberi minuman dengan air yang mendidih sehingga memotong usus-usus mereka.” (QS  Muhammad: 15). 

4. Diberi minum air mendidih dan nanah. Allah Ta’ala berfirman:  

لَا يَذُوقُونَ فِيهَا بَرْدًا وَلَا شَرَابًا إِلَّا حَمِيمًا وَغَسَّاقاقًا "Mereka tidak merasakan kesejukan di dalamnya dan tidak (pula mendapat) minuman, selain air yang mendidih dan nanah.” (Q an-Naba ayat 24-25) 

Baca juga: Golongan Ini Justru akan Dilawan Alquran di Hari Kiamat Meski di Dunia Rajin Membacanya 

5. Leher penghuni neraka dirantai, mereka diseret dan di bakar. Allah Ta’ala juga berfirman: 

إِذِ اْلأَغْلاَلُ فِي أَعْنَاقِهِمْ وَالسَّلاَسِلُ يُسْحَبُونَ فِي االْحَمِيمِ ثُمَّ فِي النَّارِ يُسْجَرُونَ “ketika belenggu dan rantai dipasang di leher mereka, sambil mereka diseret ke dalam air yang sangat panas, kemudian mereka dibakar di dalam api.” (QS Ghafir: 71-72). Allah Ta’ala berfirman: 

إِنَّآ أَعۡتَدۡنَا لِلۡكَٰفِرِينَ سَلَٰسِلَاْ وَأَغۡلَٰلٗا وَسَعِيرًا “Sesungguhnya Kami menyediakan bagi orang kafir rantai, belenggu dan neraka yang menyala-nyala.” (QS al-Insan: 4) 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement