Jumat 06 Oct 2023 18:17 WIB

Dugaan Risywah Sang Wazir dan 5 Bahaya Korupsi Menurut Alquran Hadits  

Korupsi dalam Alquran dilarang dalam berbagai ayatnya

Rep: Andrian Saputra / Red: Nashih Nashrullah
Gedung KPK (ilustrasi) Korupsi dalam Alquran dilarang dalam berbagai ayatnya
Foto: ROL/Fakhtar Khairon Lubis
Gedung KPK (ilustrasi) Korupsi dalam Alquran dilarang dalam berbagai ayatnya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- Satu lagi pejabat pemerintah diduga terlibat kasus korupsi. Kali ini Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) yang terseret dugaan korupsi di Kementerian Pertanian. 

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pun masih mencari keberadaan SYL yang hilang kontak. 

Baca Juga

Terlepas dari kasusnya, Islam sangat tegas melarang setiap Muslim melakukan korupsi. 

Sebab korupsi akan membawa kehancuran pada diri, bangsa dan umat. Berikut beberapa dalil dalam Alquran dan hadits tentang larangan korupsi: 

 

1. Korupsi perbuatan dosa 

وَلَا تَأْكُلُوا أَمْوَالَكُمْ بَيْنَكُمْ بِالْبَاطِلِ وَتُدْلُوا بِهَا إِلَى الْحُكَّامِ لِتَأْكُلُوا فَرِيقًا مِنْ أَمْوَالِ النَّاسِ بِالْإِثْمِ وَأَنْتُمْ تَعْلَمُونَ

Artinya: “Dan janganlah sebahagian kamu memakan harta sebahagian yang lain di antara kamu dengan jalan yang bathil dan (janganlah) kamu membawa (urusan) harta itu kepada hakim, supaya kamu dapat memakan sebahagian daripada harta benda orang lain itu dengan (jalan berbuat) dosa, padahal kamu mengetahui.” (QS al-Baqarah 188) 

2. Harta korupsi jadi saksi pada hari kiamat 

وَمَا كَانَ لِنَبِيٍّ أَنْ يَغُلَّ ۚ وَمَنْ يَغْلُلْ يَأْتِ بِمَا غَلَّ يَوْمَ الْقِيَامَةِ ۚ ثُمَّ تُوَفَّىٰ كُلُّ نَفْسٍ مَا كَسَبَتْ وَهُمْ لَا يُظْلَمُونَ

Artinya: “Tidak mungkin seorang nabi berkhianat dalam urusan harta rampasan perang. Barangsiapa yang berkhianat dalam urusan rampasan perang itu, maka pada hari kiamat ia akan datang membawa apa yang dikhianatkannya itu, kemudian tiap-tiap diri akan diberi pembalasan tentang apa yang ia kerjakan dengan (pembalasan) setimpal, sedang mereka tidak dianiaya.”  (QS Ali Imran ayat 161) 

3. Rasulullah benci orang yang korupsi 

عن معاذ بن جبل قال بعثني رسول الله صلى الله عليه وسلم إلى اليمن فلما سرت أرسل في أثري فرددت فقال أتدري لم بعثت إليك لا تصيبن شيئا بغير إذني فإنه غلول ومن يغلل يأت بما غل يوم القيامة لهذا دعوتك فامض لعملك    

Artinya: “Dari Mu’az bin Jabal, ia berkata, ‘Rasulullah saw mengutus saya ke Yaman. Ketika saya baru berangkat, beliau memerintahkan seseorang untuk memanggil saya kembali. Maka saya pun kembali dan beliau berkata,  ‘Apakah engkau tahu aku mengirimmu orang untuk kembali? Janganlah kamu mengambil sesuatu tanpa izin saya, karena hal itu adalah ghulul (korupsi). Dan barangsiapa berlaku ghulul, maka ia akan membawa barang yang digelapkan atau dikorupsi itu pada hari kiamat. Untuk itulah aku memanggilmu. Sekarang berangkatlah untuk tugasmu.’” (HR at-Tirmidzi) 

Baca juga: Golongan Ini Justru akan Dilawan Alquran di Hari Kiamat Meski di Dunia Rajin Membacanya

حَدَّثَنَا حَجَّاجُ بْنُ مِنْهَالٍ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ قَالَ أَخْبَرَنِي عَدِيُّ بْنُ ثَابِتٍ قَالَ سَمِعْتُ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ يَزِيدَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ نَهَى عَنْ النُّهْبَةِ وَالْمُثْلَةِ

Artinya: “Telah menceritakan kepada kami Hajjaj bin Minhal, telah menceritakan kepada kami Syu'bah ia berkata, telah mengabarkan kepadaku Adi bin Tsabit ia berkata, Aku mendengar Abdullah bin Yazid dari Nabi ﷺ, Bahwasanya beliau melarang dari mengambil harta tanpa hak dan perbuatan mutilasi." (HR Bukhari nomor 5516 dalam Fath al-Bari) 

4. Korupsi menghancurkan bangsa...

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement