Rabu 04 Oct 2023 09:24 WIB

Cintai Rasulullah Agar Memperoleh Cinta Allah

Kunci untuk memperoleh cinta Allah ta'ala adalah dengan mencintai Rasulullah SAW.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Rasulullah
Foto:

Oleh karenanya seseorang tak mungkin mendapatkan cinta Allah SWT kecuali orang tersebut mengikuti nabi Muhammad di dalam segala hal.

عَنْ أَنَسٍ عَنِ النَّبِىِّ – صلى الله عليه وسلم – قَالَ ثَلاَثٌ مَنْ كُنَّ فِيهِ وَجَدَ حَلاَوَةَ الإِيمَانِ أَنْ يَكُونَ اللَّهُ وَرَسُولُهُ أَحَبَّ إِلَيْهِ مِمَّا سِوَاهُمَا ، وَأَنْ يُحِبَّ الْمَرْءَ لاَ يُحِبُّهُ إِلاَّ لِلَّهِ ، وَأَنْ يَكْرَهَ أَنْ يَعُودَ فِى الْكُفْرِ كَمَا يَكْرَهُ أَنْ يُقْذَفَ فِى النَّارِ

Artinya:

"Dari Anas, Nabi Muhammad SAW bersabda, 'Tiga hal, barangsiapa memilikinya maka ia akan merasakan manisnya iman. [yaitu] menjadikan Allah dan Rasul-Nya lebih dicintai dari selainnya, mencintai seseorang semata-mata karena Allah, dan benci kembali kepada kekufuran sebagaimana bencinya ia jika dilempar ke dalam api neraka,'"(H.R. Bukhari Muslim).

Para sahabat adalah orang-orang yang memiliki kecintaan yang sangat besar kepada Rasulullah. Bahkan sahabat Ja'far bin Abi Thalib yang syahid dalam perang mengungkapkan bahwa tidak ada yang lebih indah selain wajah nabi Muhammad SAW. Bahkan keindahan wajah nabi Muhammad lebih indah dari surga.

Para ulama khususnya para pengarang kitab maulid seperti kitab maulid al Barzanji karya Syaikh Ja’far bin Husin bin Abdul Karim bin Muhammad Al Barzanji, kitab maulid Simtudduror karya Habib Ali bin Muhammad bin Husein Al Habsyi, kitab maulid Diba' karya Imam Wajihuddin Abdu Ar Rahman bin Muhammad bin Umar bin Ali bin Yusuf bin Ahmad bin Umar ad Dibai, kitab maulid Burdah karya Imam Al Bushiri, dan kitab maulid Adh Dhiyaul Lami' karya Habib Umar bin Hafidz adalah orang-orang yang memiliki kecintaan sangat besar kepada Rasulullah.

Itu terlihat dari syair-syair yang digunakan untuk meluapkan cinta kepada Rasulullah yang begitu indah. Muallif Simtud Durar Habib Ali Al Habsyi bahkan dalam doanya menyebut bahwa untuk mencapai cinta Allah SWT adalah dengan meneladani dan mencintai Rasulullah.

Bacaan doa tersebut...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement