Rabu 04 Oct 2023 08:39 WIB

Nabi Muhammad Juga Kerap Bercanda, Tapi Ada Adab dan tak Menyakiti

Nabi Muhammad merupakan pribadi yang ramah dan murah senyum.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
Nabi Muhammad Juga Kerap Bercanda, tapi Ada Adab dan tak Menyakiti
Foto:

Salah satu sahabat Nabi Muhammad bercerita tentang hubungannya dengan Nabi ketika beliau (sahabat) masih kecil. Anas berkata, “Rasulullah adalah salah satu orang yang paling baik akhlaknya. Suatu hari beliau menyuruh saya melakukan sesuatu, dan aku berkata, 'Saya bersumpah demi Allah bahwa saya tidak akan pergi.'

Namun dalam hati, saya merasa bahwa saya harus pergi melakukan apa yang diperintahkan Rasulullah kepada; jadi saya keluar dan melihat anak-anak sedang bermain di jalan. Tiba-tiba Rasulullah yang datang dari belakang menangkap bagian belakang leher saya, dan ketika aku melihatnya, dia tertawa.” (HR Abu Dawud).

Nabi Muhammad memiliki sifat baik dan lembut. Istri tercintanya, Sayyidah Aisyah, menggambarkan karakternya sebagai Alquran. Artinya Nabi Muhammad hidup berdasarkan ajaran Alquran.

Dengan demikian akhlak dan kepribadian Nabi Muhammad SAW adalah teladan yang terbaik untuk umat Islam tiru dalam kehidupan masing-masing. Seorang sahabat yang menghabiskan lebih dari 10 tahun bersama Nabi Muhammad SAW berkata, "Selama saya tinggal bersamanya, saya tidak pernah mendengar kata-kata tidak senonoh dari bibir Nabi dan tidak pernah menganggapnya kasar kepada siapa pun. Beliau berbicara dengan sangat sopan. Beliau baik kepada semua orang."

photo
Infografis Tiga Kepribadian Nabi Muhammad yang Penyayang - (Republika.co.id)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement