Rabu 04 Oct 2023 08:39 WIB

Nabi Muhammad Juga Kerap Bercanda, Tapi Ada Adab dan tak Menyakiti

Nabi Muhammad merupakan pribadi yang ramah dan murah senyum.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
Nabi Muhammad Juga Kerap Bercanda, tapi Ada Adab dan tak Menyakiti
Foto: Republika.co.id
Nabi Muhammad Juga Kerap Bercanda, tapi Ada Adab dan tak Menyakiti

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam berbagai riwayat disebutkan bahwa Rasulullah SAW merupakan pribadi yang ramah dan murah senyum. Sebetulnya, bagaimana cara Nabi bercanda dan menebarkan senyuman ke sekitarnya?  

Dilansir di About Islam, Rabu (4/10/2023), Nabi Muhammad sering tersenyum sehingga senyum dan sikapnya yang baik hati disebutkan berkali-kali dalam hadits-hadits.

Baca Juga

Abdullah bin Harits berkata, “Saya belum pernah menjumpai orang yang tersenyum sebanyak Nabi Muhammad. Nabi Muhammad menganggap tersenyum kepada saudaranya sebagai perbuatan amal.” (HR At-Tirmidzi).

Jarir bin Abdullah berkata, "Rasulullah tidak pernah menolak izinku untuk menemuinya sejak aku masuk Islam dan tidak pernah menatapku kecuali dengan senyuman (di wajahnya).” (HR Muslim).

Ketika salah satu sahabat Nabi Muhammad SAW ditanya apakah dia duduk bersama Nabi, dia menjawab, “Ya, sangat sering. Beliau (Rasulullah SAW) biasa duduk di tempat beliau melaksanakan sholat subuh atau berdoa hingga matahari terbit atau setelah terbit; dia akan berdiri, dan mereka (para sahabatnya) akan membicarakan hal-hal (yang berkaitan dengan hari-hari) jahiliyah, dan mereka akan tertawa (tentang hal-hal ini) sedangkan (Nabi Muhammad) hanya tersenyum.” (HR Muslim).  

Salah satu sahabat Nabi Muhammad bercerita tentang hubungannya...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement