Selasa 03 Oct 2023 08:45 WIB

Doa Erick Thohir dan 11 Fakta Seputar Sunnah Ziarah Kubur

Ziarah kubur merupakan salah satu sunnah yang dianjurkan

Warga berziarah (ilustrasi).  Ziarah kubur merupakan salah satu sunnah yang dianjurkan
Foto:

Oleh : Andrian Saputra, wartawan Republika.co.id, alumni PP Miftahul Karomah dan PP Ainurrafiq Kuningan

9. Oleh karena itu, Imam Qurthubi menjelaskan bahwa para ulama menganjurkan untuk berziarah kubur dan bersedekah kepada ahli kubur dengan membaca Alquran dan berdoa. Maka hal tersebut menjadi anugerah bagi ahli kubur.  

ولهذا استحب العلماء زيارة القبور. لأن القراءة والدعاء تحفة الميت من زائره

“Oleh karena itu, para ulama menganjurkan ziarah ke kuburan. Sebab bacaan dan doa merupakan anugerah bagi orang yang telah meninggal dari orang yang berziarah.”       

10. Dianjurkan ketika berziarah kubur untuk membaca Alquran yang niat agar pahalanya juga diberikan kepada ahli kubur. Salah satu ayat yang dianjurkan untuk dibaca ketika berziarah kubur adalah surat Al Baqarah ayat 255 atau disebut juga ayat kursi.   

Ada banyak keutamaan ketika seseorang yang berziarah kubur membaca ayat kursi. Di antaranya adalah Allah SWT akan meneranngi dan memperluas kuburnya orang-orang mukmin. Selain itu, bagi orang yang membacanya pun akan mendapatkan keutamaan yakni derajat yang tinggi dan pahala seperti pahalanya 60 nabi. Allah SWT akan mengangkat derajat orang yang membaca ayat kursi tersebut berkali-kali lipat, bahkan dicatat 10 kali kebaikan dari setiap kubur yang diziarahi. Keterangan ini sebagaimana disebutkan dalam  riwayat berikut:    

وروي من حديث أنس خادم رسول الله صلى الله عليه و سلم أنه قال : قاال رسول الله صلى الله عليه و سلم : إذا قرأ المؤمن آية الكرسي ، و جعل ثوابها لأهل القبور ، أدخل الله تعالى في كل قبر مؤمن من المشرق إلى المغرب أربعين نوراً ، و وسع الله عز و جل عليهم مضاجعهم ، و أعطى الله للقارئ ثواب ستين نبياً ، و رفع له بكل ميت درجة ، و كتب له بكل ميت عشر حسنات    

Artinya: “Dari Anas radhiyallahu anhu, khodimnya Rasulullah SAW, bahwa Anas berkata, “Rasulullah SAW bersabda: Apabila seorang mukmin membaca ayat Kursi, dan menghadiahkan pahalanya kepada ahli kubur, maka Allah‎ ta'ala memasukkan ke dalam tiap-tiap kubur orang mukmin dari timur sampai barat 40 cahaya. Dan Allah Azza wa Jalla memperluas untuk ahli-ahli kubur tempat tidurnya. Dan Allah  memberikan kepada pembaca ayat kursi tersebut pahala 60 orang nabi, dan dia dinaikkan satu derajat dan mencatatat 10 kebaikan untuk setiap mayi 10 kebaikan.” (Lihat  kitab At Tadzkirah karya Imam Qurthubi terbitan Maktabah Darul Minhaj halaman 277).    

11. Ketika berziarah kubur upayakan memperbanyak membaca surat al-Ikhlas dengan niat pahalanya untuk orang-orang yang meninggal khususnya bagi yang diziarahi. Mengapa membaca surat Al Ikhlas?   

Baca juga: Keajaiban Angka 19 yang Disebutkan dalam Alquran dan Pengakuan Sarjana Barat 

Sebab membaca surat al-Ikhlas ketika berziarah adalah tuntutan dari Rasulullah SAW yang juga dipraktikan oleh para sahabat, generasi tabiin, dan tabiut tabiin, dan para ulama.   

Dan dalam membaca surat al-Ikhlas terdapat rahasia-rahasia bagi orang yang membacanya. Keutamaan membaca surat al-Ikhlas yang ditujukan pahalanya untuk orang yang meninggal ketika berziarah adalah pahala yang berlipat-lipat sebanyak jumlah jenazah yang berada di area kuburan tersebut.  

وخرج السلفي (هو الإمام المحدث أبو طاهر أحمد بن محمد بن أحمد الأصبهاني الجرواني ، ويلقب جده أحمد سلفة) وغيره من حديث علي بن أبي طالب رضي الله عنه قال: قال رسول الله ﷺ : من مر على المقابر وقرأ : قل هو الله أحد  إحدى عشر مرة ثم وهب أجره للأموات أعطي من الأجر بعدد الأموات. 

Dan diriwayatkan oleh as Salafy (dia adalah Imam, ualam hadits, Abu Thohir Ahmad bin Muhammad bin Ahmad Al Ashbahaaniy Al Jarwaniy, dan julukan kakeknya Ahmad Salafa) dan oleh para muhadits yang lainnya dari hadits yang diriwayatkan oleh Ali bin Abi Thalib radhiyallahu anhu ia berkata, “Rasulullah SAW bersabda, 'Barang siapa yang lewat kuburan dan membaca: qul huwallahu ahad (surat Al Ikhlas) sebanyak sebelas kali kemudian memberikan pahalanya untuk orang-orang yang telah meninggal maka ia akan diberikan pahala sebanyak orang-orang yang meninggal itu." (Lihat kitab at-Tadzkirah karya Imam Qurthubi terbitan Maktabah Darul Minhaj halaman 276).   

Keterangan di atas sekaligus menjadi salah satu dalil bolehnya membaca Alquran ketika berziarah, yang pahalanya ditujukan untuk orang yang telah meninggal atau yang kuburannya diziarahi.       

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement