Selasa 03 Oct 2023 08:45 WIB

Doa Erick Thohir dan 11 Fakta Seputar Sunnah Ziarah Kubur

Ziarah kubur merupakan salah satu sunnah yang dianjurkan

Warga berziarah (ilustrasi).  Ziarah kubur merupakan salah satu sunnah yang dianjurkan
Foto:

Oleh : Andrian Saputra, wartawan Republika.co.id, alumni PP Miftahul Karomah dan PP Ainurrafiq Kuningan

Berdasarkan dalil-dalil dalam hadits di atas, tidak dapat disangsikan lagi bahwa ziarah kubur adalah hal yang diperbolehkan bahkan tergolong sebagai hal yang dianjurkan (sunah).   

3. Anjuran melaksanakan ziarah kubur ini bersifat umum, baik menziarahi kuburan orang-orang saleh maupun menziarahi kuburan orang Islam secara umum. Hal ini seperti ditegaskan Imam al-Ghazali sebagaimana keterangan berikut:   

  زيارة القبور مستحبة على الجملة للتذكر والاعتبار وزيارة قبور الصالحين مستحبة لأجل التبرك مع الاعتبار  

Artinya: “Ziarah kubur disunnahkan secara umum dengan tujuan untuk mengingat (kematian) dan mengambil pelajaran, dan menziarahi kuburan orang-orang saleh disunahkan dengan tujuan untuk tabarruk (mendapatkan berkah) serta pelajaran.” (Al-Ghazali, Ihya’ Ulum ad-Dien, juz 4, halaman: 521).   

4. Bahkan, legalitas melaksanakan ziarah kubur ini telah disepakati oleh seluruh mazhab umat Islam. Hal ini seperti disampaikan dalam kitab Hujjah Ahlissunnah Wal Jamaah sebagaimana berikut:   

 زيارة القبور تجيزها مذاهب المسلمين كلها

Artinya: “Ziarah kubur diperbolehkan oleh seluruh mazhab umat Islam.” (KH Ali Maksum Krapyak, Hujjah Ahlissunnah Wal Jama’ah, halaman: 53).   

5. Dianjurkan untuk membaca surat Yasin ketika berziarah kubur atau ketika ada orang yang meninggal. Dengan membaca surat Yasin menjadi wasilah dihapusnya atau diringankannya siksa kubur bagi ahli kubur. Bahkan, orang yang membacanya akan mendapatkan pahala atau kebaikan sebanyak orang-orang yang sudah meninggal yang dimakamkan di pekuburan itu.    

وروي من حديث أنس أن رسول الله  ﷺ قال : ومن دخل المقابر فقرأ سورة يس خفف عنهم وكان له بعدد من فيها حسنات. 

“Diriwayatkan dari hadits Anas, bahwa Rasulullah SAW bersabda: barangsiapa yang memasuki pekuburan kemudian membaca surat Yasin maka Allah akan meringankan siksa untuk ahli kubur dan orang yang membacanya mendapat kebaikan-kebaikan sebanyak ahli kubur di pekuburan itu.” (Lihat kitab at-Tadzkirah karya Imam Qurthubi terbitan Maktabah Darul Minhaj halaman 286-287)  

6. Boleh juga membaca surat al-Baqarah. Para ulama ahlusunah wal jamaah biasanya membaca awal surat al-Baqarah, ayat kursi, dan akhir surat al-Baqarah.    

ويروى عن عبد الله بن عمر بن الخطاب رضي الله عنهما أنه أمر أن يقرأ عند قبره سورة البقرة    

“Dan diriwayatkan oleh Abdullah bin Umar bin Khattab bahwa dia disuruh ayahnya membaca surat Al Baqarah di sisi kuburannya.” Membaca surat Yasin dapat dilakukan ketika ziarah kubur atau saat ada yang meninggal. 

وقد روي إباحة قراءة القرآن عند القبر عن العلاء بن عبد الرحمن. وذكر النسائي وغيره من حديث معقل بن يسار المدني رضي الله عنه عن النبي ﷺ أنه قال: اقرؤوا سورة يس عن موتاكم. وهذا يحتمل أن تكون هذه القراءة عند الميت في حال موته ، ويحتمل أن يكون عند قبره 

“Diriwayatkan tentang bolehnya membaca Alquran di kuburan dari Al Ala bin Abdurrahman, -dan disebutkan oleh Nasa'i dan lainnya - dari hadits Ma'qil bin Yashar Al Madani, Rasulullah SAW bersabda: Bacakan olehmu surat Yasin untuk saudara-saudaramu yang meninggal, yaitu saat akan meninggal dunia dan saat akan dikuburkan.”   

photo
Infografis Adab Ziarah Kubur - (Republika)

7. Jumhur ulama sepakat bahwa sedekahnya orang yang hidup untuk orang yang sudah meninggal dunia diperbolehkan. Bahkan disebutkan pahala sedekah itu juga sampai kepada orang yang telah meninggal dunia. Namun demikian bentuk sedekah yang dimaksud tidak harus selalu dengan bersedekah harta.   

Baca juga: 8 Fakta tentang Istana Supermegah Firaun yang Diabadikan Alquran

 

Ahli waris atau orang yang masih hidup dapat bersedekah kepada orang yang telah meninggal dengan membacakan Alquran, doa, dan istighfar. Begitu juga pendapat Imam Qurthubi dalam kitab at-Tadzkirah.    

قلت : أصل هذا الباب: الصدقة التي لا اختلاف فيها ، فكما يصل إلى الميت ثوابها فكذلك تصل قراءة القرآن ، والدعاء. والاستغفار إذ كل ذلك صدقة ، فإن الصدقة لا تختص بالمال  

“Saya berpendapat bahwa pokok dari bab ini adalah bahwa sedekah itu tidak ada ikhtilaf di dalamnya sebagaimana sampai kepada mayit pahalanya, maka demikian juga sampainya pahala membaca Alquran pada mayit, dan dia serta Istighfar, itu semua sedekah. Maka sedekah itu tidak hanya dikhususkan dengan harta.” (Lihat  kitab at-Tadzkirah karya Imam Qurthubi terbitan Maktabah Darul Minhaj halaman 278-279)  

8. Lebih lanjut Imam al-Qurthubi juga menukilkan sebuah hadits dalam sahih Muslim yang menjelaskan bahwa sedekah itu tidak hanya dalam berbentuk harta. Bahkan membaca zikir juga dapat menjadi sedekah. 

حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ أَسْمَاءَ الضُّبَععِيُّ حَدَّثَنَا مَهْدِيٌّ وَهُوَ ابْنُ مَيْمُونٍ حَدَّثَنَا وَاصِلٌ مَوْلَى أَبِي عُيَيْنَةَ عَنْ يَحْيَى بْنِ عُقَيْلٍ عَنْ يَحْيَى بْنِ يَعْمَرَ عَنْ أَبِي الْأَسْووَدِ الدُّؤَلِيِّ عَنْ أَبِي ذَرٍّ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ يُصْبِحُ عَلَى ككُلِّ سُلَامَى  مِنْ أَحَدِكُمْ صَدَقَةٌ فَكُلُّ تَسْبِيحَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَحْمِيدَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَهْلِيلَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَكْبِيرَةٍ صَدَقَةٌ وَأَمْرٌ بِالْمَعْرُوفِ صَدَقَةٌ وَنَهْيٌ عَنْ الْمُنْكَرِ صَدَقَةٌ وَيُجْزِئُ مِنْ ذَلِكَ رَكْعَتَانِ يَرْكَعُهُمَا مِنْ الضُّحَى  

“Telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Muhammad bin Asma` Adl-Dluba`i, telah menceritakan kepada kami Mahdi yaitu Ibnu Maimun, telah menceritakan kepada kami Washil mantan budak Abu 'Uyainah dari Yahya bin 'Uqail dari Yahya bin Ya'mar dari Abul Aswad Ad Du`ali dari Abu Dzarr dari Nabi ﷺ bahwa beliau bersabda, "Setiap pagi dari anggota badan masing-masing kalian (harus) ada sedekahnya. Setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir sedekah, setiap amar ma'ruf nahi munkar sedekah, dan semuanya itu dapat tercukupi dengan dua rakaat dhuha." (HR  Muslim).  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement