Senin 02 Oct 2023 14:49 WIB

3 Hal yang Terjadi Ketika Anda Menunaikan Zakat

Membayar zakat sebetulnya bermanfaat bagi diri kita sendiri.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Zakat.
Foto:

2. Meningkatkan Kekayaan dan Kedekatan dengan Allah

Anda tidak akan rugi apa-apa dan mendapatkan segalanya jika bersedekah. Membayar zakat tahunan merupakan rahmat dan berkah dari Allah Subhanahu wa Ta'ala karena tidak hanya meningkatkan kekayaan Anda tetapi juga memungkinkan Anda untuk mendekatkan diri kepada Allah.

Sebagaimana Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam bersabda: Dua malaikat turun setiap pagi, dan salah satu malaikat berkata: "Ya Allah berikanlah ganti pada yang gemar berinfak" Malaikat yang lain berdoa, "Ya Allah, berikanlah kebangkrutan bagi yang enggan bersedekah" (HR. Bukhari)

Yang perlu diperhatikan, besaran zakat sangat kecil dan bahkan tidak akan mengurangi kekayaan sebagian besar umat Islam. Namun, mengabaikan zakat akan menciptakan kawah yang sangat besar dalam jiwa dan mempunyai konsekuensi yang bertahan lama dalam kehidupan ini dan akhirat.

3. Membantu Masyarakat dan Menenangkan Hati

Bagi umat Islam yang setia menjalankan kewajiban ini, merupakan suatu kehormatan besar dan suatu perbuatan mulia untuk dapat membantu mereka yang paling membutuhkan.

Ketika membayar zakat, hati langsung menjadi lunak dan lega. Ini adalah kesempatan emas untuk membantu komunitas sambil membawa kedamaian di hati Anda.

Saat Bulan Suci Ramadhan mulai mendekat, perhatikanlah zakat Anda. Berhati-hatilah untuk menghitungnya dengan benar dan membayarnya tepat waktu. Dan Anda tidak perlu mendonasikannya ke organisasi amal yang mungkin sudah menerima sumbangan Zakat dalam jumlah besar.

Lakukan riset dan bayarkan zakat Anda kepada orang-orang terdekat, baik mereka saudara miskin, tetangga, atau terutama para pendatang baru yang menghadapi kesulitan keuangan akibat memeluk agama Islam. Banyak Muslim baru yang berhak menerima zakat karena kehilangan pasangan, pengangguran, atau ditinggalkan keluarga setelah menjadi seorang Muslim.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement