Senin 02 Oct 2023 14:49 WIB

3 Hal yang Terjadi Ketika Anda Menunaikan Zakat

Membayar zakat sebetulnya bermanfaat bagi diri kita sendiri.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Zakat.
Foto:

Tiga Manfaat Zakat

1. Memurnikan Kekayaan dan Mengangkat Keimanan

Dengan berdonasi kepada mereka yang membutuhkan, sebenarnya Anda membersihkan sisa harta yang membantu menghilangkan kekikiran dari hati Anda. Sebagaimana Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman dalam Alquran yang Mulia:

اٰمِنُوْا بِاللّٰهِ وَرَسُوْلِهٖ وَاَنْفِقُوْا مِمَّا جَعَلَكُمْ مُّسْتَخْلَفِيْنَ فِيْهِۗ فَالَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مِنْكُمْ وَاَنْفَقُوْا لَهُمْ اَجْرٌ كَبِيْرٌ

"Berimanlah kamu kepada Allah dan Rasul-Nya dan infakkanlah (di jalan Allah) sebagian dari harta yang Dia telah menjadikan kamu sebagai penguasanya (amanah). Maka orang-orang yang beriman di antara kamu dan menginfakkan (hartanya di jalan Allah) memperoleh pahala yang besar". (QS. Al-Hadid ayat 7)

Dan setelah hartamu disucikan, keimananmu terangkat karena kamu telah menunaikan hak yang Allah berikan kepadamu. Ingatlah semua kekayaan tidak ada hubungannya dengan pendidikan, keterampilan, atau potensi penghasilan.

Itu ada hubungannya dengan karunia yang Allah berikan kepada Anda dan merupakan pinjaman dari Pencipta. Orang miskin dan melarat juga mempunyai hak atas Anda yang dipenuhi melalui zakat serta sedekah sepanjang tahun.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement