Senin 02 Oct 2023 14:49 WIB

3 Hal yang Terjadi Ketika Anda Menunaikan Zakat

Membayar zakat sebetulnya bermanfaat bagi diri kita sendiri.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Zakat.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Ilustrasi Zakat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pernahkah Anda berhenti sejenak untuk memikirkan tentang kesenjangan finansial besar yang ada, secara global, antara kelompok kaya dan kaum miskin?

Seperti dikutip dari About Islam, Senin (2/10/2023), meskipun banyak orang dilahirkan dalam keluarga kaya, banyak pula yang tidak. Namun, mereka dilahirkan di dunia yang memiliki hak istimewa. Artinya, meskipun orang tuanya tidak kaya, mereka tetap dilahirkan dalam masyarakat yang memberi mereka keistimewaan tertentu berdasarkan ras dan seringkali agama.

Baca Juga

Sisi buruknya adalah dunia kelompok yang memiliki hak istimewa sering kali merupakan kelompok eksklusif, mengabaikan kelompok minoritas dan siapa pun yang tidak cocok dengan pola masyarakat, bahkan hak asasi manusia yang paling dasar sekalipun. Pendidikan merupakan salah satu hak yang menghambat masyarakat dan menghambat perolehan pendapatan yang stabil.

Terungkap lebih dari 1.400 tahun yang lalu, Alquran menetapkan kewajiban bagi seluruh umat Islam untuk merawat orang miskin dan yang membutuhkan. Salah satu rukun Islam yang utama adalah kewajiban bagi seluruh umat Islam yang mampu untuk membayar zakat setiap tahun sebesar 2,5 persen.

Zakat dibayarkan selama Bulan Suci Ramadhan. Membayar zakat sebetulnya bermanfaat bagi diri kita sendiri dibandingkan orang-orang miskin yang menerimanya.

Manfaat zakat...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement