Senin 02 Oct 2023 13:50 WIB

Tahun Kesedihan Nabi Muhammad, Wafatnya Abu Thalib Disusul Khadijah

Khadijah adalah isteri yang selalu mendampingi Rasulullah ﷺ.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Muhammad Hafil
Tahun Kesedihan Nabi Muhammad, Wafatnya Abu Thalib Disusul Khadijah. Foto: Nabi Muhammad (ilustrasi)
Foto:

Sementara itu di sisi lain tekanan dan ancaman orang-orang kafir semakin menjadi-jadi, karena kini tidak ada lagi Abu Thalib yang suka melindunginya. 

Melihat hal tersebut Rasulullah ﷺ mencoba hijrah ke Thaif dengan harapan di sana mendapat sambutan baik tidak seperti yang dia dapatkan di Mekkah. Namun kenyataanya penduduk Thaif memperlakukannya dengan kasar melebihi dari apa yang dia dapatkan dari kaumnya. 

Begitu pula apa yang dialami oleh para sahabat beliau, merekapun mendapatkan perlakukan semakin keras dari orang-orang kafir Ouraisy. Karena itu, tahun ini dalam sejarah kehidupan Rasulullah ﷺ dikenal sebagai Tahun Duka Cita (Aamul Huzni) 

Pada bulan Syawwal tahun ke-10 kenabian, Rasulullah ﷺ menikah dengan Saudah binti Zum'ah. Beliau telah lama masuk Islam dan termasuk yang ikut hijrah ke Habsyah pada gelombang kedua. Awalnya dia seorang isteri dari Sakran bin Amr yang juga telah masuk Islam dan turut pula hijrah bersamanya ke Habasyah, namun beliau meninggal di sana. Maka setelah Saudah kembali ke Mekkah dan telah selesai masa Idahnya, Rasulullah ﷺ segera menikahinya. Maka Saudah merupakan isteri pertama yang dinikahinya setelah wafatnya Khadijah radhrallahuanha. 

 

 

 

 

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement