Ahad 01 Oct 2023 10:26 WIB

Profil Keluarga Inti Hingga Buyut Imam Bukhari

Imam Bukhari dikenal sebagai ulama yang luar biasa.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Muhammad Hafil
Makam Imam Bukhari
Foto: Uttiek M Panji Astuti
Makam Imam Bukhari

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA – Muhammad bin Ismail bin Ibrahim bin Al-Mughirah bin Badhdizbah atau yang biasa dikenal dengan nama Imam Bukhari dikenal sebagai sosok ulama yang luar biasa secara akhlak dan keilmuan. Tak heran, profil serta biografi beliau serta keluarganya pun menjadi hal yang ingin diketahui umat Islam. 

Imam Bukhari dikenal dengan karya-karyanya di bidang hadis dengan cara mencari ilmu ke berbagai tempat dan guru. Mohammed Nabiel dalam buku Al-Bukhari dan Metode Kritik Hadis menyampaikan tentang profil keluarga Imam Bukhari satu per satu.

Baca Juga

Berikut adalah profil mengenai keluarga inti hingga buyut Imam Bukhari: 

1. Ayah Imam Bukhari

Ayahnya bernama Abu Al-Hasan Ismail bin Ibrahim bin Mughirah. Ia dikenal sebagai ahli hadis. Ibnu Hibban mencantumkan biografinya dalam kitab As-Siqot. Ibnu Hibban juga mengatakan bahwa Ismail bin Ibrahim merupakan orang tua Al-Bukhari masuk dalam thabaqot keempat.

Beliau mengambil periwayatan dari Hammad bin Zayd, Jafar Al-Baikandi, dan Malik. Begitu juga para penduduk Irak mengambil periwayatan darinya. Imam Bukhari sendiri menyebut nama ayahnya dengan sebutan Ismail bin Ibrahim dalam Tarikh Al-Kabir.

2. Ibu Imam Bukhari 

Ibunda Imam Bukhari dinilai sebagai wanita yang taat dalam beribadah, mustajab ad-dakwah, dan memiliki karomah. Disebutkan bahwa ketika Imam Bukhari masih kecil dan mengalami kebutaan, sejak saat itu tiada hari bagi ibunda Imam Bukhari kecuali bermunajat dengan doa-doanya.

Hingga pada suatu malam ibunya bermimpi bertemu dengan Nabi Ibrahim AS, beliau berkata, “Allah SWT telah mengembalikan penglihatan anakmu karena engkau sering menangis dalam doamu,”.

Saat pagi harinya, Allah SWT benar-benar mengembalikan penglihatan Imam Bukhari. Terkait nama sang ibunda, belum ada sejarawan Muslim yang mencatatkan nama ibunda beliau.

3. Kakek Imam Bukhari

Nama kakek Imam Bukhari adalah Ibrahim bin Al-Mughirah. Namun sosoknya hanya diketahuo sebatas namanya saja, bahkan tidak ada satu pun riwayat tentang kakek Imam Bukhari yang sampai pada umat Islam saat ini. Terutama tentang bagaimana kehidupan serta kredibilitas keilmuan yang dimilikinya.

4. Buyut Imam Bukhari

Buyut Imam Bukhari bernama Al-Mughirah yang mulai masuk Islam pada masa kepemimpinan Al-Yaman Al-Ju’fi. Al-Yaman Al-Ju’fi adalah buyut dari Abdullah bin Muhammad bin Jafar bin Yaman Al-Bukhari Al-Ju’fi.

5. Ayah buyut Imam Bukhari

Para ahli sejarah telah mencatat bahwa terkait nama kakek Al-Bukhari yang ketiga, terdapat banyak riwayat yang berbeda. Ada yang menyebut Bardizbah, Badhdizbah, dan Bardizabah. Nama yang terakhir lebih disepakati oleh ahli sejarah dibandingkan dua nama sebelumnya.

Sedangkan Badhdizbah merupakan dialek bahasa Bukhara yang memiliki arti petani (al-zarra) dalam bahasa Arab. Buyut Imam Bukhari bernama Bardizbah merupakan putra dari Badhidhbah seperti yang disampaikan Al-Subki.

Al-Subki dalam Thabaqot Al-Kubra mengatakan, “Hanya saja, para ahli sejarah kebanyakan mencukupkan nasabnya sampai Bardizbah saja. Keduanya adalah orang Persia asli, bukan orang Arab. Bahkan selama hidupnya, dia penganut agama Majusi. Lebih-lebih info semacam ini ditulis sendiri oleh Al-Bukhari dalam karya autobiografinya yang berjudul At-Tarikh As-Shaghir,”.

6. Saudara Imam Bukhari

Imam Bukhari hanya memiliki satu saudara bernama Ahmad bin Ismail yang berumur lebih tua dari Imam Bukhari. Terakhir kali Imam Bukhari bersama saudaranya tersebut adalah pada saat menunaikan ibadah haji bersama ibunya tepatnya pada tahun 210 Hijriyah.

Kemudian Imam Bukhari menetap di Makkah dan pergi ke Madinah untuk belajar hadis kepada para ahli hadis, sedangkan saudara dan ibunya kembali ke Bukhara. Tidak lama kemudian, saudaranya tersebut meninggal dunia.

 

 

 

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement