Jumat 29 Sep 2023 19:47 WIB

Mukjizat Perkataan Nabi Muhammad tentang Ratusan Sendi Manusia

Hadits Nabi Muhammad sejalan dengan fakta ilmiah.

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah
Jamaah membaca Alquran saat menunggu waktu berbuka puasa di Masjid Istiqlal, Jakarta, Rabu (5/4/2023).
Foto:

Namun, pada masa itu Nabi SAW sudah bisa menyebutkan bahwa persendian manusia berjumlah 360 sendi. Dari mana nabi mendapatkan informasi ini?

Hadits tersebut nabi dilontarkan pada awal abad ke-7 M. Hadits ini diucapkan berabad-abad yang lalu dalam lingkungan yang tidak memahami sains dan penelitian. Bahkan, pada zaman sekarang pun, mungkin tidak semua ilmuwan bisa mengetahui secara pasti jumlah sendi manusia.

Namun, dalam bukunya yang berjudul Rihlah Al-Iman fi Jism Al-Insan (Wisata Iman dalam Tubuh Manusia) Hamid Ahmad Hamid menyebutkan bahwa jumlah sendi dalam tubuh manusia ternyata memang ada 360 sendi sebagaimana yang diucapkan Rasulullah SAW berabad-abad lalu.

Hamid Ahmad bahkan menjelaskan jumlah sendi tersebut secara rinci, seperti jumlah sendi tulang belakang, jumlah sendi antartulang belakang, sendi antara tulang belakang, dan lain-lain. Jika dijumlahkan secara keseluruhan, menurut dia, semua sendi manusia berjumlah 360.

Dengan demikian, hadits nabi tersebut sesuai dengan fakta sains. Allah SWT tunjukkan kebenaran Islam yang melintasi ruang dan waktu melalui lisan Nabi-Nya yang menjelaskan jumlah sendi yang ada pada tubuh manusia.

Selain mengungkap fakta sains tersebut, perlu ditekankan juga hadits tersebut berisi ajaran Rasulullah SAW kepada umatnya untuk selalu senantiasa bersyukur, memohon ampun kepada Allah, dan melakukan amra makruf nahi mungkar. Semua itu akan membuat manusia terhindar dari api neraka.

Dzikir pada Allah...

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement