Jumat 29 Sep 2023 19:47 WIB

Mukjizat Perkataan Nabi Muhammad tentang Ratusan Sendi Manusia

Hadits Nabi Muhammad sejalan dengan fakta ilmiah.

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah
Jamaah membaca Alquran saat menunggu waktu berbuka puasa di Masjid Istiqlal, Jakarta, Rabu (5/4/2023).
Foto: Republika/Thoudy Badai
Jamaah membaca Alquran saat menunggu waktu berbuka puasa di Masjid Istiqlal, Jakarta, Rabu (5/4/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada sebuah mukjizat dari Nabi Muhammad SAW yang terbukti kebenarannya pada era perkembangan sains dan teknologi sekarang ini. Karena, pada zaman dulu, Nabi sudah mengungkapkan jumlah persendian yang ada di dalam tubuh manusia.

Sebagaimana diketahui, tidak sedikit mukjizat Nabi Muhammad SAW yang terbukti secara sains. Di antaranya adalah apa yang dikatakan Nabi terbukti ilmiah di kemudian hari.

Baca Juga

Dalam sebuah hadits, beliau pun pernah menyebut jumlah persendian manusia yang jumlahnya sampai ratusan. Dari Aisyah radhiyallahu anha, Rasulullah SAW bersabda:

إِنَّهُ خُلِقَ كُلُّ إِنْسَانٍ مِنْ بَنِي آدَمَ عَلَى سِتِّينَ وَثَلَاثِمِائَةِ مَفْصِلٍ ، فَمَنْ كَبَّرَ اللهَ ، وَحَمِدَ اللهَ ، وَهَلَّلَ اللهَ ، وَسَبَّحَ اللهَ ، وَاسْتَغْفَرَ اللهَ ، وَعَزَلَ حَجَرًا عَنْ طَرِيقِ النَّاسِ ، أَوْ شَوْكَةً أَوْ عَظْمًا عَنْ طَرِيقِ النَّاسِ ، وَأَمَرَ بِمَعْرُوفٍ أَوْ نَهَى عَنْ مُنْكَرٍ ، عَدَدَ تِلْكَ السِّتِّينَ وَالثَّلَاثِمِائَةِ السُّلَامَى ، فَإِنَّهُ يَمْشِي يَوْمَئِذٍ وَقَدْ زَحْزَحَ نَفْسَهُ عَنِ النَّارِ.

Artinya: “Sesungguhnya setiap manusia dari kalangan anak Adam diciptakan dengan 360 sendi. Barangsiapa yang bertakbir, bertahmid, bertasbih, dan beristighfar memohon ampunan kepada Allah, menyingkirkan batu dari jalanan, atau (menyingkirkan) duri atau tulang dari tengah jalanan, memerintahkan kebaikan, dan mencegah kemungkaran, sejumlah 360 sendi tersebut, maka hari itu ia telah berjalan sambil menjauhkan dirinya dari neraka.” (HR Muslim).

Hadits ini menunjukkan kehebatan Rasulullah SAW. Karena, pada zaman itu tidak mungkin ada seorang pun yang bisa menguasai ilmu sanis untuk menerangkan jumlah sendi manusia.

 

 

Hadits nabi sesuai fakta ilmiah...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement