Jumat 29 Sep 2023 19:10 WIB

9 Gaya Hidup Nabi Muhammad Ini Terbukti Sehat Secara Ilmiah

Nabi Muhammad tidur lebih awal dan bangun dengan adzan Subuh setiap hari.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Ani Nursalikah
Nabi Muhammad
Foto:

6. Delima

Delima dianggap sebagai buah favorit Nabi Muhammad. Penelitian ilmiah modern telah membuktikan buah delima merupakan salah satu makanan paling sehat di muka bumi.

Mereka mengandung mangan, yang membantu pembentukan struktur tulang selama proses metabolisme, dan potasium, yang membantu menjaga fungsi sel dan menjaga keseimbangan kadar cairan. Mereka juga kaya akan flavonoid dan polifenol, antioksidan yang melindungi tubuh dari penyakit jantung.

7. Puasa

Bukti terbaru menunjukkan tidak hanya makanan yang dimakan, namun waktu dan pola makan kita juga mempunyai dampak besar terhadap kesehatan. Puasa adalah praktik rutin dalam kehidupan Nabi Muhammad ﷺ, tidak hanya selama bulan Ramadhan. 

Beliau berpuasa hingga Maghrib setiap Senin dan Kamis, serta pada tanggal 13, 14, dan 15 setiap bulannya. Hal ini serupa dengan praktik puasa intermiten yang telah terbukti menyeimbangkan kadar hormon, mencegah stres oksidatif, dan mengurangi peradangan secara keseluruhan. Jika dipikir-pikir, semakin sedikit makanan yang Anda masukkan ke dalam tubuh Anda, semakin sedikit fokusnya pada pencernaan dan semakin fokusnya pada penyembuhan penyakit tertentu!

8. Kurma

Kurma adalah makanan yang tepat untuk berbuka puasa karena dapat menstabilkan kadar gula darah, menyeimbangkan kembali kadar elektrolit darah, dan membantu melancarkan sistem pencernaan dalam mempersiapkan makanan. Nabi Muhammad ﷺ juga menganjurkan kurma untuk dimakan menjelang persalinan. Kurma kini terbukti meningkatkan produksi oksitosin dalam tubuh dan mempercepat proses persalinan.

9. Tetap Aktif

Memenuhi tiga dari lima rukun Islam mengharuskan umat Islam memiliki kesehatan dan kebugaran yang baik. Sholat merupakan salah satu bentuk olah raga yang memerlukan pergerakan otot dan persendian tubuh.

Kesehatan yang baik juga diperlukan jika Anda berniat berpuasa atau mengikuti ibadah haji. Nabi Muhammad ﷺ sangat menganjurkan latihan fisik dan memerintahkan orang tua mendorong aktivitas fisik pada anak-anak mereka dengan mengajari mereka berenang, berkuda, dan memanah.

photo
Infografis Empat Jenis Obat dalam Alquran - (Republika.co.id)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement