Jumat 29 Sep 2023 19:10 WIB

9 Gaya Hidup Nabi Muhammad Ini Terbukti Sehat Secara Ilmiah

Nabi Muhammad tidur lebih awal dan bangun dengan adzan Subuh setiap hari.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Ani Nursalikah
Nabi Muhammad
Foto: Republika.co.id
Nabi Muhammad

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nabi Muhammad ﷺ senantiasa menjalankan hidup sehat selama masa hidupnya. Bahkan temuan ilmiah modern telah membuktikan beberapa kebiasaan Nabi Muhammad ﷺ merupakan gaya hidup yang sehat.

Dilansir dari Muslim Village, Jumat (29/9/2023), berikut adalah beberapa kebiasaan sehat Nabi Muhammad SAW. Ini sejalan dengan temuan penelitian ilmiah modern tentang makan sehat.

Baca Juga

1. Bangun Pagi

Nabi Muhammad tidur lebih awal dan bangun dengan adzan Subuh setiap hari. Menjadi orang yang bangun pagi secara ilmiah berkorelasi dengan produktivitas yang lebih baik, serta kesehatan mental yang lebih baik secara umum. Jadi, bangun pagi mungkin sulit, tetapi dengan langkah kecil, meskipun Anda baru bangun 15 menit lebih awal, Anda dapat mulai meningkatkan kualitas hidup Anda.

2. Makan Lebih Sedikit

Praktik makan lebih sedikit untuk mencegah penyakit ditekankan oleh Nabi Muhammad ﷺ, dan kini banyak didukung oleh sains di kemudian hari. Konsep Islam 'sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk cairan, dan sepertiga untuk napas' sangat mirip dengan konsep Jepang 'hara hachi bu', yang berarti makan sampai kenyang 80 persen.

3. Makan Perlahan

Sekarang kita tahu tubuh memerlukan waktu 20 menit untuk mengirimkan sinyal ke otak bahwa ia sudah kenyang. Makan perlahan akan membantu Anda makan lebih sedikit dan meningkatkan pencernaan Anda, dan ini adalah praktik yang dilakukan Nabi Muhammad dan sangat dianjurkan. 

4. Makan dengan Penuh Perhatian

‘Makan bersama-sama dan tidak terpisah-pisah, karena keberkahannya dikaitkan dengan kebersamaan’. Nabi menekankan hal ini, dan saat ini berbagi dan menikmati makanan telah terbukti mengurangi stres, meningkatkan hubungan keluarga dan romantis, serta membangun kebiasaan makan yang sehat pada anak.

5. Air

‘Jangan minum air dalam satu tarikan napas, tetapi minumlah dalam dua atau tiga tarikan napas’, itulah cara Nabi Muhammad ﷺ meminum air.  Ilmu pengetahuan saat ini membuktikan ketika seseorang minum terlalu banyak air dalam waktu singkat, mereka dapat mengalami sakit kepala, ketidakseimbangan kadar elektrolit darah, dan terkadang juga pusing. Minum perlahan membantu Anda menyerap cairan dan mendapatkan manfaat maksimal darinya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement