Kamis 28 Sep 2023 17:30 WIB

Muslim Stechford Rayakan Maulid Nabi dengan Pawai Keliling  

Umat Muslim di seluruh dunia menyambut 12 Rabiul Awal atau Maulid Nabi.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil
Ilustrasi Nabi Muhammad SAW
Foto: MGROL100
Ilustrasi Nabi Muhammad SAW

REPUBLIKA.CO.ID,STECHFORD -- Umat Muslim di seluruh dunia menyambut 12 Rabiul Awal atau Maulid Nabi dengan penuh suka cita. Di Stechford, Birmingham, Inggris, sebuah pawai keliling akan digelar dan diramaikan oleh berbagai pihak.

Sebuah Masjid di Stechford telah merencanakan dua agenda besar untuk memperingati hari lahir Nabi Muhammad SAW. Lembaga bernama Faizan-e-Madina Centre akan menyelenggarakan perayaan yang menampilkan pidato, ceramah, serta pembacaan puisi.

Baca Juga

Kegiatan tersebut diperkirakan akan mengumpulkan hingga 1.000 orang, dengan kajian khusus dari selebriti Maulana Abdul Habib Attari akan menjadi pembicara utama. Ia juga merupakan Anggota Dewan Penasihat Eksekutif Dawat-e-Islami.

Kegiatan kajian atau ceramah khusus ini akan berlangsung dari jam 10 malam pada Rabu (27/9/2023) waktu setempat, hingga jam 5 pagi keesokan harinya.

Tidak berhenti di situ, perayaan ini akan dilanjutkan pada Ahad (1/101/2023) nanti. Sebuah parade atau pawai akan digelar, yang mana umat Islam akan turun ke jalan, untuk mengenang Nabi terakhir mereka.

Rute perjalanan ini akan berlangsung selama dua jam. Muslim yang bergabung akan berjalan meliputi beberapa area, termasuk Bordesley Green, Alum Rock dan Saltley, di mana sebuah truk besar akan disediakan dengan spanduk besar dan pengeras suara.

Dilansir di Birmingham Mail, Kamis (28/9/2023), Faizan-e-Madina mengatakan para pembicara akan menyiarkan informasi tentang Rasulullah SAW dan makna hari lahirnya dalam bahasa Inggris, untuk pemirsa non-Muslim.

Tidak hanya itu, lembaga tersebut juga telah melakukan kontak dengan Dewan Kota Birmingham, untuk memastikan jalan tidak diblokir dan pawai dilakukan dengan aman.

Maulana Abdul Habib Attari menyebut kelahiran Nabi Muhammad sangat disayangi seluruh umat Islam. Umat Islam di seluruh dunia merayakan kelahiran Nabi Muhammad di bulan Rabiul Awal.

"Sehubungan dengan hal ini, organisasi Islam sedunia Dawat-e-Islami, mengadakan pertemuan sepanjang malam mulai malam ini di Faizan-e-Madina, Stechford, untuk berkumpul mengenang dan memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW," ujar dia.

Terkait agenda pawai pada akhir pekan nanti, ia menyebut perayaan kelahiran Nabi Muhammad SAW telah dibicarakan dengan Dewan Kota Birmingham. Pihaknya selalu memastikan prosesi tersebut berlangsung dengan aman dan tanpa mengganggu masyarakat setempat.

Agenda pawai pada tanggal 1 Oktober tersebut rencananya akan dimulai dari kantor Faizan-e-Madina di Stechford. Bagi umat Muslim atau masyarakat yang ingin bergabung, bisa hadir pada pukul 14.00 waktu setempat.

Pada 12 Rabiul Awal, umat Muslim mengenalnya dengan sebutan Maulid atau hari lahirnya Nabi Muhammad SAW.  Kelahiran nabi terjadi di Makkah pada atau sekitar tahun 571, yang mana kadang-kadang dikenal sebagai Maulid al-Nabi, Milad, atau Idul Fitri Un Nabi.

Hingga saat ini masih ada spekulasi mengenai tanggal pastinya kelahiran Rasulullah. Namun, ada beberapa kisah yang menyebut Nabi Muhammad SAW pernah ditanya mengapa dia berpuasa pada hari Senin dan ia menjawab, "Pada hari itulah aku dilahirkan, dan hari dimulainya wahyu."  

Sumber:

https://www.birminghammail.co.uk/news/midlands-news/crowds-expected-parade-celebrate-birthday-27798598

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement