Rabu 27 Sep 2023 17:36 WIB

5 Keunggulan Nabi Muhammad Hingga Disebut Orang Barat Sebagai Teladan Zaman

Nabi Muhammad adalah orang paling berpengaruh dalam sejarah umat manusia.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi.
Foto:

5. Nabi Muhammad Sangat Perhatian Terhadap Keluarga

Saat ini, semua ini akan menjadi peran yang memiliki kekuatan tinggi. Nabi Muhammad adalah seorang pemimpin agama , pemberi hukum, pembangun bangsa, jenderal militer yang perkasa, diplomat dan negarawan. Perilakunya ketika mengambil masing-masing peran ini adalah apa yang kita, sejauh ini, sebut sebagai praktik terbaik. Dia juga seorang pria berkeluarga. Dia adalah seorang suami, seorang ayah dan seorang kakek.

Perilaku Nabi Muhammad SAW dalam hubungan keluarganya adalah teladan yang patut ditiru oleh siapa pun di waktu dan tempat mana pun.

Nabi Muhammad adalah seorang suami yang penuh perhatian dan penyayang yang melakukan tugas rumah tangga termasuk merapikan dan memperbaiki pakaian. Beliau tidak pernah sekalipun meninggikan suara atau mengangkat tangan kepada istri-istrinya meskipun mereka sangat menguji kesabarannya.

Dia membesarkan empat anak perempuan dalam budaya dan tempat di mana bayi perempuan sering dikubur hidup-hidup dan terkadang dianggap sebagai kutukan. Nabi Muhammad adalah seorang kakek yang penyayang , bahkan terkadang membiarkan cucu-cucunya memanjatinya saat ia sedang salat berjamaah. Nabi Muhammad menasihati para pengikutnya untuk berbuat baik kepada keluarga mereka. Dia berkata:

Sebaik-baik kalian adalah yang paling baik terhadap keluarganya, dan akulah yang terbaik di antara kalian terhadap keluargaku.

Nabi Muhammad berhak menjadi manusia di segala musim. Dia sukses dalam peran apa pun yang dia jalani, mulai dari posisinya yang kesepian dan rendahan sebagai penggembala hingga pemimpin sebuah kerajaan besar. Perilakunya patut ditiru dalam segala situasi. Namun kesuksesan terbesarnya adalah menjadi Nabi dan Utusan Tuhan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement