Rabu 27 Sep 2023 17:36 WIB

5 Keunggulan Nabi Muhammad Hingga Disebut Orang Barat Sebagai Teladan Zaman

Nabi Muhammad adalah orang paling berpengaruh dalam sejarah umat manusia.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi.
Foto:

2. Nabi Muhammad Seorang Pemimpin Militer

Nabi Muhammad adalah jenderal besar Islam pertama dan bisa dibilang pemimpin pemberontakan pertama di dunia. Dalam kurun waktu satu dekade ia bertempur dalam delapan pertempuran besar, memimpin delapan belas serangan, dan tiga puluh delapan aksi militer lainnya dilakukan di bawah perintah dan arahan strategisnya.

Menurut Richard A. Gabriel, seorang sejarawan militer dan profesor di Royal Military College of Canada, Nabi Muhammad dapat digambarkan sebagai “seorang jenderal lapangan dan ahli taktik yang hebat; (dia juga) seorang ahli teori militer, pembaharu organisasi, pemikir strategis, komandan tempur tingkat operasional, pemimpin politik-militer, prajurit heroik, dan revolusioner”.

3. Nabi Muhammad Seorang Negarawan

Nabi Muhammad menggunakan Alquran untuk mendirikan sebuah bangsa berdasarkan konsep Islam tentang keadilan dan toleransi. Di negara kota kecil yang kemudian dikenal sebagai Madinah, Nabi Muhammad menetapkan kebijakan dan institusi yang memungkinkan komunitas kecil untuk tumbuh menjadi negara yang unggul.

Nabi Muhammad menerjemahkan perintah Tuhan ke dalam hukum negara dan contoh terbaiknya adalah konstitusi Madinah. Konstitusi menetapkan standar bagi masyarakat. Ia menjunjung tinggi peraturan dan ketentuan yang mengatur fungsi negara, baik secara yudikatif maupun legislatif.

Juga termasuk syarat-syarat di mana perang dapat diumumkan dan kewajiban warga negara terhadap negara diuraikan. Kedua aturan ini secara khusus merupakan hal baru bagi masyarakat Madinah, dan kemudian bagi Kerajaan Islam. Konstitusi mengikat masyarakat berdasarkan kesamaan agama, bukan hubungan kekerabatan atau suku.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement