Rabu 27 Sep 2023 17:36 WIB

5 Keunggulan Nabi Muhammad Hingga Disebut Orang Barat Sebagai Teladan Zaman

Nabi Muhammad adalah orang paling berpengaruh dalam sejarah umat manusia.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi.
Foto: Republika.co.id
Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nabi Muhammad selalu menjadi panutan dalam setiap zaman hingga akhir kiamat. Ucapannya, tingkah lakunya, perbuatannya selalu menjadi teladan bagi seluruh umat manusia. Bahkan orang-orang Barat mengeluarkan istilah 'a man for all seasons' yang menggambarkan seorang lelaki yang sukses dalam berbagai aktivitas dan menjadi teladan dalam setiap waktu sepanjang zaman.

Misi Rasulullah SAW adalah menyampaikan ajaran Islam. Menyeru manusia untuk bertauhid yakni menegaskan Allah ta'ala. Tidak ada Tuhan selain Allah, Dia tak beranak dan tak diperankan. Dia satu-satunya yang berhak disembah.

Baca Juga

Meski dalam mensyiarkan Islam, nabi Muhammad harus diasingkan dari masyarakatnya, bahkan membuat kehidupannya menjadi penuh bahaya, ia dan keluarga serta para sahabat terus mendapatkan ancaman dan kekerasan, namun Rasulullah tetap teguh untuk terus menyampaikan ajaran Islam.

Nabi Muhammad adalah orang paling berpengaruh dalam sejarah umat manusia. Banyak ahli di berbagai bidang, baik Muslim maupun non-Muslim, menggambarkan Nabi Muhammad sebagai sosok yang unggul dalam berbagai aspek kehidupan.

Keunggulan Nabi Muhammad dalam Berbagai Bidang

1. Nabi Muhammad adalah Seorang Pemimpin Agama

W. Montgomery Watt mendefinisikan seorang nabi sebagai, orang yang menyatakan gagasan-gagasan penting bagi pengalaman manusia. Ciri khas seorang nabi besar adalah bahwa ide-idenya sangat menarik bagi orang-orang yang dituju.

Menurutnya, nabi Muhammad mengambil perjanjiannya dengan Tuhan untuk menyebarkan pesan Islam; dengan sangat serius, dia mengkomunikasikan teks Alquran; pemahamannya tentang wahyu menjadi dasar seluruh ilmu pengetahuan Islam.

Dia mengajar para pengikutnya dengan cara yang menciptakan sarana bagi penyebaran Islam yang berkelanjutan. Nabi Muhammad dalam standar apa pun adalah pemimpin agama yang sangat baik .

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement