Rabu 27 Sep 2023 08:40 WIB

Ternyata Tentara Muslim Bantu Prancis Taklukkan Jerman pada Perang Dunia II

Prajurit tersebut diambil dari umat Muslim di wilayah jajahan Prancis.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Makam serdadu Muslim di Notre Dame de Lorette dengan batu nisan menghadap Kiblat. Di atasnya tertulis kalimat
Foto:

Mereka semua menjalankan misi yang sulit dan mencapai kemenangan militer yang nyata. Namun kemenangan yang mereka raih harus dibayar mahal. Beberapa anggota mereka melakukan pembunuhan demi kehormatan di wilayah Chuchuria. Divisi Infanteri Tunisia ke-4 meraih kemenangan saat menerobos gunung untuk menduduki situs Pegunungan Belvodère.

Itu merupakan terobosan pertama setelah kegagalan dua tentara Amerika yang dipimpin oleh Jenderal Clark dalam serangan langsung untuk mematahkan barisan Gustav. Namun, di balik itu ternyata ada peran yang signifkan dari seorang tentara Tunisia bernama Abdul Al-Hadi yang membangkitkan semangat tentara lain yang dipimpin oleh seorang kolonel Prancis.

Abdul Al Hadi mengulang dua kalimat, dan kalimat ini adalah syahadat "Laa Ilaaha Illallah wa Asyhadu Anna Muhammad Rasulullah". Setelah itu banyak tentara yang bangkit semangatnya untuk mematahkan perlawanan Jerman. Terjadilah pertempuran sengit yang berakhir dengan penguasaan tempat tersebut. Batalyon Tunisia hampir musnah seluruhnya dan kehilangan 60 persen anggotanya, dengan 207 orang tewas, 1.090 orang luka-luka, dan 75 orang hilang.

"Batalion Tunisia mencapai prestasi militer yang cemerlang dengan mengorbankan banyak nyawa," kata De Gaulle.

Adapun batalion ketiga Aljazair yang dipimpin oleh Jenderal Joseph Montsapart meraih beberapa kemenangan. Kemenangan ini dirangkum oleh penulis militer Yves Montagne dengan menyatakan sebagaimana berikut ini:

"Ini adalah putra-putra Numidia kuno dan pewaris sah Tentara Romawi Augustinian Ketiga. Mereka merebut posisi Mona Casale dan Aqua Fundata dan bertahan dalam Pertempuran Belvodère yang mengerikan sebelum menerobos Garis Gustavus dan bergerak melalui darat menuju Roma."

Pujian untuk tim Maroko...

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement