Selasa 26 Sep 2023 15:40 WIB

Keturunan Nabi Nuh Mencakup Hampir Seluruh Bangsa di Dunia

Nabi Nuh mempunyai tiga putra, yakni Sam, Ham dan Yafis.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Keturunan Nabi Nuh Mencakup Hampir Seluruh Bangsa di Dunia
Foto:

Kembali data ini menguatkan lagi kesesuaiannya dengan tradisi Semitik, bahwa mereka berasal dari stok yang sama. Bagaimana dengan ras Arya? Dari mana ras ini berasal? Beberapa antropolog mengatakan bahwa ras Arya dikelompokkan sebagai spesies putih dan termasuk kelompok yang sama dengan ras Sam maupun Ham (McEvedy, 1983). 

Lebih dari itu, secara geografik ekosfer ras Arya begitu dekat tempat atau wilayahnya dengan ras Sam, dan sebagaimana telah disebutkan, kata 'Arya' mempunyai arti yang sama atau sekurang-kurangnya mirip dengan arti kata Japhet. Oleh karenanya, cukup masuk akal jika bangsa Arya mempunyai leluhur yang sama dengan bangsa-bangsa ras Sam dan Ham. 

Dengan kata lain, Yafis adalah leluhur dari ras Arya (Jenie, 1995). Pendapat para ahli antropologi-molekuler tentang ras manusia perlu juga diperhatikan. Pada tahun 1919, suami-istri Ludwik dan Hanna Hirszfeld melakukan penelitian golongan darah ABO dari 500-1.000 kelompok individu yang mewakili 16 bangsa, dan melaporkannya dalam bentuk biochemical race index (indeks ras biokimiawi) (Goodman and Tashian, 1976). 

Laporan tersebut menyatakan biochemical race index, yaitu rasio golongan darah: [A+B]/[B+AB], telah membagi bangsa-bangsa menjadi tiga kelompok besar. Ketiga kelompok tersebut adalah pertama, kelompok Eropa (Inggris, Perancis, Italia, dan Yunani) dengan nilai indeks ras biokimiawi 2,5 atau lebih. Kedua, kelompok Antara atau Intermediate Group (Arab, Turki, Rusia, dan Yahudi) dengan nilai indeks ras biokimiawi di atas 1 hingga 2,5. Ketiga, kelompok Asia-Afrika (Madagaskar, Negro, Indocina, dan India) dengan indeks ras biokimiawi 1 atau kurang (Goodman and Tashian, 1976).

Berdasarkan semua keterangan atau pertimbangan di atas, baik dari tradisi maupun data ilmiah, dapatlah dibuat konklusi yang cukup rasional bahwa keluarga Nabi Nuh mencakup hampir seluruh bangsa yang ada di dunia ini. Ras Sam (Arab dan Israel), ras Ham (Ethiopia, Somalia, dan bangsa-bangsa Afrika), dan ras Arya (Eropa, Persia, India, dan kemungkinan Cina).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement