Selasa 26 Sep 2023 05:28 WIB

Seerah Exhibition, Mendidik Masyarakat Ontarian Tentang Kehidupan Nabi Muhammad

Agenda berjudul Pameran Warisan Nabi Muhammad.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil
Salah satu benda yang dipamerkan dalam  Seerah Exhibition.
Foto: About Islam
Salah satu benda yang dipamerkan dalam Seerah Exhibition.

REPUBLIKA.CO.ID,MISSISSAUGA -- Kelompok Muslim di Ontario berencana mengadakan pameran Seerah akhir bulan ini di Mississauga, saat dunia memperingati Maulid Nabi. Agenda ini digelar untuk mendidik masyarakat tentang kehidupan Nabi Muhammad SAW.

Agenda berjudul Pameran Warisan Nabi Muhammad: Pameran Artefak Suci Internasional ini akan diadakan mulai Jumat (30/9/2023) hingga Ahad (1/10/2023). Pihak penyelenggara, Komunitas Dunia Melayu Kanada (DMCC), mengatakan acara itu bisa dinikmati di International Centre, Mississauga, Ontario.

Baca Juga

Pameran berbasis artefak ini akan menampilkan hingga 16 artefak suci Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya. “Pameran ini akan membawa pengunjung ke era dan budaya di mana Nabi Muhammad berasal dan hidup,” demikian bunyi situs DMCC dikutip di About Islam, Senin (25/9/2023).

Setiap pengunjung disebut akan menikmati kedekatan dengan artefak suci yang terpelihara dengan baik. Mereka juga dapat belajar tentang warisan Nabi dan perjalanannya dalam menyebarkan Islam, melalui deskripsi audio dan visual dari artefak, serta kisah dan sejarah tersembunyi di sekitar artefak suci.

Di antara 16 pameran yang ditampilkan, sembilan di antaranya menonjol dan sangat penting. Peninggalan-peninggalan ini menawarkan wawasan mendalam tentang kehidupan Nabi Muhammad SAW.

Ada banyak tokoh besar dalam sejarah, namun tidak ada satupun warisan mereka yang berdampak pada dunia atau membentuk politik dan kehidupan bangsa, seperti halnya kehidupan dan warisan Nabi Muhammad SAW.

DMCC juga menyebut Rasulullah SAW adalah orang yang paling berpengaruh dalam sejarah, sebagaimana disetujui oleh banyak sejarawan dan penulis, termasuk Michael H. Hart. Penulis asal Amerika itu menempatkan Muhammad SAW sebagai orang nomor 1 dalam bukunya, “100 Orang Paling Berpengaruh dalam Sejarah".

Dalam ayat Alquran yang indah ini, Allah SWT telah merangkum warisan Nabi kita tercinta, Muhammad SAW. Dalam QS Al Ahzab ayat 45 - 46 disebutkan, " Wahai nabi, sesungguhnya Kami mengutusmu sebagai saksi atas umatmu bahwa kamu telah menyampaikan risalah, pemberi berita gembira kepada orang-orang Mukmin di antara mereka dengan rahmat dan surga, pemberi peringatan kepada para pendurhaka dan pendusta dengan api neraka."  

Sumber:

https://aboutislam.net/muslim-issues/n-america/seerah-exhibition-to-educate-ontarians-on-prophets-life/

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement