Senin 25 Sep 2023 19:02 WIB

Nabi Nuh Senang Bersyukur, Begini Amalnya Setiap Hari 

Alquran pun secara eksplisit menyebutkan Nabi Nuh sering bersyukur pada Allah.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Sahabat Nabi
Foto:

Nabi Nuh sudah berulang kali memberikan peringatan dengan berbagai cara kepada kaumnya. Ahli sejarah mencatat dakwah nabi Nuh kepada kaumnya selama 950 tahun.

Tetapi mereka mencemooh nabi Nuh, bahkan menganggapnya gila. Dari lamanya dakwah nabi Nuh tersebut justru menggambarkan begitu sabarnya nabi Nuh dalam berdakwah. Ia tak putus asa meskipun terus-menerus dicemooh oleh kaumnya. Tetapi kaum nabi Nuh sudah melewati batas. 

Nahi Nuh sebenarnya diberitahu oleh Allah bahwa kaumnya yang beriman tidak akan bertambah lagi. Dan kaumnya yang tidak beriman akan tetap berada dalam kekufuran. Sebagaimana termaktub dalam Alquran surat Hud ayat 36:

وَأُوحِىَ إِلَىٰ نُوحٍ أَنَّهُۥ لَن يُؤْمِنَ مِن قَوْمِكَ إِلَّا مَن قَدْ ءَامَنَ فَلَا تَبْتَئِسْ بِمَا كَانُوا۟ يَفْعَلُونَ

Artinya: Dan diwahyukan kepada Nuh, bahwasanya sekali-kali tidak akan beriman di antara kaummu, kecuali orang yang telah beriman (saja), karena itu janganlah kamu bersedih hati tentang apa yang selalu mereka kerjakan.

Nabi Nuh pun kemudian menyerahkan kaumnya yang berbuat melampaui batas kepada Allah. Doa nabi Nuh itu termaktub dalam Alquran al Karim tepatnya pada surat Nuh ayat 26-27. 

وَقَالَ نُوْحٌ رَّبِّ لَا تَذَرْ عَلَى الْاَرْضِ مِنَ الْكٰفِرِيْنَ دَيَّارًا

Dan Nuh berkata, “Ya Tuhanku, janganlah Engkau biarkan seorang pun di antara orang-orang kafir itu tinggal di atas bumi. (ayat 26)

اِنَّكَ اِنْ تَذَرْهُمْ يُضِلُّوْا عِبَادَكَ وَلَا يَلِدُوْٓا اِلَّا فَاجِرًا كَفَّارًا

Sesungguhnya jika Engkau biarkan mereka tinggal, niscaya mereka akan menyesatkan hamba-hamba-Mu, dan mereka hanya akan melahirkan anak-anak yang jahat dan tidak tahu bersyukur (ayat 27).

Kemudian Allah SWT mengabulkan doa nabi Nuh. Semua kaum yang ingkar binasa diterjang banjir dahsyat.

Para peneliti berbeda pendapat tentang banjir yang terjadi pada zaman nabi Nuh. Sebagian berpendapat bahwa banjir pada masa nabi Nuh terjadi di seluruh bumi.

 

Sebagian lainnya berpendapat bahwa banjir terjadi hanya di wilayah tempat kaumnya nabi Nuh. Sedangkan kaum nabi Nuh yang beriman selamat dengan menaiki bahtera yang dibuat nabi Nuh.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement