Senin 25 Sep 2023 16:52 WIB

Bagaimana Status Halal Daging yang Dihasilkan di Laboratorium?

Daging budidaya harus aman dikonsumsi manusia.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Bagaimana Status Halal Daging yang Dihasilkan di Laboratorium?
Foto:

Untuk syarat keempat, disampaikan bahwa hal ini harus dipastikan melalui konsultasi dengan para ahli, seperti badan pengawas pangan suatu negara. Adapun para ulama yang mengeluarkan putusan tersebut antara lain Syekh Abdullah AlManea, Prof Abdullah al-Mutlaq dan Prof Saad Al-Shathry.

Dalam sebuah pernyataan, GOOD Meat yang saat ini tidak menghasilkan produk bersertifikat halal, menyebut berkomitmen untuk memulai proses yang memastikan daging budidayanya memenuhi kriteria ini.

Kepala eksekutif dan salah satu pendiri Eat Just, Josh Tetrick, menekankan pentingnya membuat daging hasil budidaya yang dapat diakses oleh miliaran orang di seluruh dunia, yang mengikuti pedoman pola makan halal.

"Jika daging hasil budidaya dapat membantu memenuhi kebutuhan sistem pangan kita di masa depan, hal ini harus menjadi pilihan bagi miliaran orang di seluruh dunia yang mengonsumsi makanan halal,” kata Tetrick dalam pernyataan tersebut.

Tidak hanya itu, ia juga menyebut keputusan penting ini diharapkan akan disambut baik oleh perusahaan daging budidaya, terutama yang memiliki tujuan untuk melayani wilayah dengan populasi Muslim yang signifikan, seperti Timur Tengah.

Good Meat telah melibatkan Penasihat Produk Halal Arab Saudi, sebuah badan penasihat khusus dari Perusahaan Pengembangan Produk Halal (HPDC), untuk mencari panduan mengenai proses sertifikasi. HPDC sendiri merupakan anak perusahaan Dana Investasi Publik negara tersebut.

 

Meski demikian, perlu dicatat tidak ada konsensus universal mengenai masalah ini. Hal tersebut mengingat adanya variasi yang signifikan dalam sertifikasi halal di antara berbagai aliran pemikiran Islam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement