Kamis 21 Sep 2023 00:13 WIB

Mengapa Nabi Muhammad tidak Diciptakan Pertama Kali?

Nabi Muhammad SAW adalah nabi terakhir dalam pandangan Islam.

Rep: Muhyiddin/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi ribuan orang mengumandangkan shalawat untuk Nabi Muhammad.
Foto:

Dalam penciptaan manusia sendiri terjadi perdebatan. Menurut Gus Enha, ada perdabatan di kalangan ahli tafsir, di mana ada yang menyebut Banul Jan sebagai sekelompok makhluk yang diciptakan oleh Tuhan sebelum Nabi Adam diciptakan.

“Nah ini kan kalau dalam bahasa sosiologi itu ada proses dinamika peradaban. Tapi, karena tidak siap kelompok Banul Jan untuk mengelola bumi yang penuh dengan dinamika ini, maka diturunkanlah kemudian Adam sebagai khalifah,” ucap Gus Enha.

Setelah diciptakannya Nabi Adam, barulah kemudian terjadi proses peradaban manusia hingga sampai kepada Nabi Muhammad. Setelah Nabi Muhamma diutus, kata dia, maka kehidupan manusia dan perkembangan alam di dunia ini pun berjalan dengan stabil sampai era modern sekarang ini.

“Semua itu terjadi ketika Nabi Muhammad diciptakan. Karena Nabi Muhammad membangun fondasinya, termasuk fondasi nation state. Nation state pertama itu adalah Madinah sebagai bentuk peradaban maju yang kemudian menghasilkan konsepsi yang diduplikasi oleh negara-negara setelah itu,” kata Gus Enha.

“Jadi, saya melihat by design Tuhan merancang itu sedemikian rupa dengan indah. Sehingga setelah kenabian Muhamamd itu disebut sempurna,” jelas dia.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement