Selasa 19 Sep 2023 18:36 WIB

Perhatikan 7 Perkara Berikut Ini Agar Takbiratul Ihram Sholat Anda Sah dan Sempurna

Takbiratul ihram merupakan gerakan pembuka sholat

Rep: Andrian Saputra / Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi gerakan menuju takbiratul ihram. Takbiratul ihram merupakan gerakan pembuka sholat
Foto:

4. Ketika mengangkat tangan untuk takbiratul hendaknya dilakukan dengan pelan-pelan jangan sampai mendorong tangan ke depan, ke belakang atau ke kiri dan kanan. Lalu setelah itu menaruh tangan tepat di dada. 

فإذا استقرتا في مقرهما ، فكبر. ثم أرسلهما برفق ولا تدفع يديك عند الرفع والإرسال إلى قدام دفعا ، ولا إلى خلف ، ولا تنفضهما يمينا وشمالا. فإذا أرسلتهما ، فاستأنف رفعهما إلى صدرك. 

“Dan jika dua-duanya telah mapan di tempatnya, maka takbirlah dan lepas kedua tangan itu perlahan-lahan. Dan jangan mendorong kedua tanganmu ke arah depan ketika mengangkat tangan dan jangan mendorong ke belakang dan jangan mengkinaskan kedua tangan ke arah kanan dan kiri,bila telah melepas kedua tangan itu maka angkatlah kedua tangan itu ke arah dadamu.” (Lihat kitab Bidayat al-Hidayah halaman 137).

5. Ketika meletakan tangan di dada, posisi tangan kanan berada di atas tangan kiri dengan jari-jari kanan menggenggam pergelangan tangan kiri. 

وأكرم اليمين بوضعها على الشمال ، وانشر أصابع اليمنى في طول ذراعك اليسرى ، واقبض بها على كوعها ، 

Artinya: Dan muliakan tangan kanan dengan meletakannya di atas tangan kiri. Dan sebarkan jari tangan kanan ke tangan kiri. Dan genggam pergelanganmu.  

Baca juga: Keajaiban Angka 19 yang Disebutkan dalam Alquran dan Pengakuan Sarjana Barat 

6. Lalu bacalah bacaan takbiratul ihram

وقل بعد التكبير: الله أكبر كبيرا ، والحمد لله كثيرا ، وسبحان الله بكرة وأصيلا. ثم اقرأ : وجهت وجهي للذي فطر السماوات والأرض حنيفا مسلما وما أنا من المشركين ، إن صلاتي ونسكي ومحياي ومماتي لله رب العالمين لا شريك له ، وبذلك أمرت وأنا من المسلمين. 

 

Dan ucapkanlah setelah takbir: Allahu Akbar Kabirow wal hamdulillahi Katsiraw wa subhanallahi bukrataw wa ashilah. Kemudian membaca: Inni wajjahtu wajhiya lilladzi fatoro samawati wal Ardhi' Hanifah muslima wama ana minal musyrikin. Inna sholaty wanusuki wa mahyaya wamamati lillahi rabbil Al-Amin lasyarikalahu wabidzalika umirtu wana minal muslimin. (Lihat kitab Bidayat al-Hidayah halaman 138).   

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement