Selasa 19 Sep 2023 14:34 WIB

Japnas Jatim Dorong Duet Ganjar Mahfud, Ini Beberapa Keuntungannya

Duet Ganjar Mahfud akan perkuat basis di Jawa

Menko Polhukam Mahfud MD. Duet Ganjar Mahfud akan perkuat basis di Jawa
Foto: Prayogi/Republika
Menko Polhukam Mahfud MD. Duet Ganjar Mahfud akan perkuat basis di Jawa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Menteri Koordinator Politik Hukum dan HAM (Menkopolhukam) Mahfud MD digadang-gadang menjadi kandidat kuat mendampingi Capres PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo, pada helatan Pilpres mendatang.  

Usulan Mahfud jadi cawapres Ganjar mendapat dukungan banyak pihak. Ketua Umum Jaringan Pengusaha Nasional (Japnas) Jawa Timur, Mohammad Supriyadi, menilai Ganjar-Mahfud adalah dream team menuju Pilpres 2024. 

Baca Juga

Menurut Supriyadi, Mahfud adalah figur yang disukai banyak orang dari beragam latar belakang. Kiprahnya dalam memperjuangkan supremasi hukum selama ini membuat dirinya memiliki nilai plus dari sekian nama yang digadang-gadang mendampingi Ganjar. 

“Pak Mahfud adalah sosok yang komplet. Punya pengalaman dalam praksis politik sejak jadi Menteri era Gusdur, DPR RI, hingga Ketua MK. Mahfud juga sosok akademisi yang punya segudang pengetahuan, terutama dalam konsentrasinya di bidang hukum,” kata Supriyadi, Selasa (19/9/2023) dalam keterangannya.

“Karena itu, Pak Mahfud sangat potensial sebagai figur yang memberikan persepsi positif terutama pada sektor ekonomi nasional. Kariernya selama ini sebagai ‘gawang’ supremasi hukum sejak di MK hingga jadi menteri memungkinkan akan membawa angin segar pada iklim investasi,” lanjut dia.

Bagi Supriyadi, Mahfud diyakini bakal memberikan jaminan hukum terhadap kemudahan berusaha di Indonesia. 

Dalam kacamata ekonomi, kata dia, kepastian hukum menjadi aspek paling penting bagi prospek investasi. 

“Investor tentu butuh jaminan dan kepastian hukum, salah-satunya melalui regulasi yang tidak berbelit dan akses birokrasi yang bersih dan mudah. Demi mendongkrak iklim investasi di Indonesia, tentu dibutuhkan sosok pemimpin yang fasih dan tegas dalam memberikan kepastian hukum seperti Pak Mahfud,” ungkapnya. 

“Kepastian investasi berbanding lurus dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Problem kita, investor kadang ciut menanam modal dalam negeri karena susahnya jaminan keamanan dan kepastian hukum tadi,” tambah Ketua Umum Ikatan Alumni Widyagama Malang itu. 

Bagi Supriyadi, penyelesaian konflik hukum yang berkeadilan dan memberikan jaminan keamanan dan kenyamanan adalah satu faktor memperkuat investasi. Implikasinya, angka pertumbuhan ekonomi akan cepat naik sehingga mampu meningkatkan kualitas hidup dan hajat masyarakat. 

“Kita semua tahu Pak Mahfud sangat keras dalam memperjuangkan supremasi hukum, track record-nya bisa kita lihat sejak jadi ketua MK. Kejujuran dan integritas beliau dalam memutus perkara hukum tak bisa diragukan lagi,” terang Supriyadi.

Baca juga: Dalil Ayat Alquran dan Hadits Ini Tegaskan Muhammad SAW adalah Nabi dan Rasul Terakhir

Dijelaskan Supriyadi, untuk mendongkrak iklim investasi demi kemajuan ekonomi nasional, dibutuhkan sosok pemimpin seperti Mahfud. Misalnya dalam merancang mekanisme hukum untuk memutus praktik pungli di birokrasi. 

“Selain akan mengangkat angka keterpilihan Ganjar karena basis pemilih Mahfud yang terang dan jelas, Pak Mahfud juga dicintai masyarakat karena pribadinya yang bersih, berintegritas, dan jujur. Di samping itu, bagi pelaku usaha, sosok seperti Pak Mahfud yang bakal mampu mendongkrak iklim investasi kita,” tutup dia. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement