Rabu 20 Sep 2023 04:30 WIB

Lima Temuan Muslim yang Mengubah Dunia

Kontribusi Muslim dalam peradaban dunia tak bisa disepelekan.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil
 Lima Temuan Muslim yang Mengubah Dunia. Foto:  Ilustrasi Basrah, Kota yang Dibangun Peradaban Islam
Foto:

3. Universitas

Berbicara tentang universitas atau perguruan tinggi, itu juga merupakan penemuan yang dimungkinkan oleh dunia Muslim. Pada awal sejarah Islam, masjid itu kerap memiliki fungsi ganda sebagai sekolah. Orang yang sama yang memimpin doa akan mengajar kelompok-kelompok siswa tentang ilmu -ilmu Islam seperti Alquran, fiqh (yurisprudensi) dan hadist.

Ketika dunia Muslim tumbuh, perlu ada lembaga formal, yang kemudian dikenal sebagai madrasah. Lembaga ini dibuat untuk didedikasikan bagi pendidikan siswa.

Madrasah formal pertama adalah al-Karaouine, yang didirikan pada tahun 859 oleh Fatima al-Fihri di FES, Maroko. Sekolahnya menarik beberapa sarjana terkemuka di Afrika Utara dan siswa paling cerdas di tanah.

Di al-Karaouine, siswa diajar oleh guru selama bertahun-tahun dalam berbagai mata pelajaran ilmu sekuler dan agama. Di akhir program, jika para guru menganggap siswa mereka untuk memenuhi persyaratan, mereka akan diberi sertifikat yang dikenal sebagai Ijazah. Hal ini sebagai bentuk pengakuan, bahwa siswa tersebut memahami materi dan sekarang memenuhi persyaratan untuk mengajarkannya.

Lembaga pendidikan ini pun dengan cepat menyebar ke seluruh dunia Muslim. Universitas Al-Azhar didirikan di Kairo pada tahun 970 dan pada tahun 1000-an, Seljuk mendirikan selusin madrasah di seluruh Timur Tengah.

Konsep lembaga yang menyediakan sertifikat penyelesaian (gelar) menyebar ke Eropa melalui Muslim Spanyol, di mana siswa Eropa akan bepergian untuk belajar.

4. Marching Band Militer

Banyak siswa yang bersekolah di sekolah menengah dan universitas di Barat akrab dengan marching band. Sebuah band yang terdiri dari sekelompok musisi berbaris di lapangan selama acara olahraga, untuk menghibur penonton dan bersorak pada para pemain.

Band-band sekolah ini berkembang dari hadirnya band-band militer yang berbaris selama zaman bubuk mesiu di Eropa yang dirancang, untuk memberikan dukungan kepada tentara selama pertempuran.

Tradisi ini memiliki asal-usulnya di band Mehter Ottoman tahun 1300-an. Kehadirannya membantu menjadikan Tentara Ottoman salah satu yang paling kuat di dunia.

Sebagai bagian dari Korps Janissary elit dari Kekaisaran Ottoman, tujuan band ini untuk memainkan musik keras yang akan menakuti musuh dan mendorong sekutu. Dengan menggunakan drum yang sangat besar dan simbal, sejumlah suara yang dibuat oleh band Mehter bisa terdengar hingga bermil-mil jauhnya.

Selama penaklukan Ottoman atas Balkan pada abad ke-14 hingga 16, band-band Mehter menemani pasukan Ottoman yang menakutkan. Pasukan ini bahkan tampaknya hampir tak terkalahkan, termasuk saat menghadapi aliansi besar Eropa.

5. Kamera

Di era modern dan serba digital saat ini, sulit membayangkan dunia tanpa fotografi. Sejumlah perusahaan bernilai miliaran dolar pun muncul, mengambil manfaat dari gagasan menangkap cahaya atas sebuah adegan.

Namun, hal ini tidak mungkin bisa dilakukan tanpa karya trailblazing dari ilmuwan Muslim abad ke-11, Ibn al-Haytham. Ia berhasil mengembangkan bidang optik dan menggambarkan bagaimana kamera pertama bekerja.

Bekerja di kota kekaisaran Kairo pada awal 1000-an, Ibn al-Haytham adalah salah satu ilmuwan terhebat sepanjang masa. Untuk mengatur kemajuan ilmiah, ia mengembangkan metode ilmiah, proses dasar yang dengannya semua penelitian ilmiah dilakukan.

Ketika dia ditahan oleh penguasa fatimid al-Hakim, dia memiliki waktu dan kemampuan untuk mempelajari cara kerja cahaya. Penelitiannya sebagian berfokus pada bagaimana kamera lubang jarum bekerja. Penemuan Ibn Al-Haytham tentang kamera dan cara memproyeksikan dan menangkap gambar ini menyebabkan pengembangan modern kamera di sekitar konsep yang sama.

Tanpa penelitian tentang bagaimana cahaya bergerak melalui lubang dan diproyeksikan oleh mereka, mekanisme modern di dalam kamera tidak akan pernah ada.  

Sumber:

 

https://aboutislam.net/family-life/culture/5-muslim-inventions-changed-world/2/

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement