Selasa 19 Sep 2023 10:49 WIB

Ibu yang Dibuang, Raden Patah, Majapahit, Demak, dan Islamisasi Jawa

Raden Patah dan para sunan berperan besar mengislamkan Tanah Jawa.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Erdy Nasrul
Wisatawan beristirahat di Masjid Agung Demak, Jawa Tengah, Kamis (31/3/2022).
Foto:

Raden Patah tiba di Jawa melalui Gresik. Tetapi ia tak langsung menuju ke Majapahit. Raden Patah justru menyambangi sejumlah daerah yang menjadi pusat penyebaran Islam. Dalam buku Sunan Kalijaga Asal Usul Masjid Agung Demak karya Ade Soekirno menyebutkan bahwa sebelum ke Majapahit, Raden Patah menetap dulu di Pesisir Utara Jawa yang menjadi wilayah perkembangan agama Islam mulai dari Cirebon, Demak, Tuban, Gresik, dan Surabaya. Setibanya di Surabaya, Raden Patah menimba ilmu agama kepada Sunan Ampel. 

"Sebelum kembali ke Majapahit. Raden patah menekuni ilmu kerohanian dan pengetahuan tentang Islam di Surabaya pada seorang ulama bernama sunan Ampel yang kala itu menggantikan posisi sunan Maulana Malik Ibrahim yang wafat 1419," (Sunan Kalijaga Asal Usul Masjid Agung Demak karya Ade Soekirno penerbit Gramedia widiasarana Indonesia, 1994).

Raden Patah pun menemui ayahnya prabu Brawijaya V. Ia mengenalkan ajaran Islam pada ayah kandungnya itu, meski demikian Prabu Brawijaya enggan untuk memeluk Islam. Selain untuk mendakwahkan Islam kepada ayahnya, Kedatangan Raden Patah ke Majapahit juga untuk membantu ayahnya dari orang-orang yang berupaya merebut kekuasaannya. 

Meski secara pribadi Prabu Brawijaya V tetap kokoh dalam keyakinannya, namun ia mempersilakan putranya itu menyebarkan Islam di Tanah Jawa. Lalu Raden Patah pun diberikan wilayah di alas Glagah. 

"Raden patah tidak memaksa dan tetap menghormati sikap ayahandanya itu karena hal serupa pula dilakukan oleh Sunan Ampel gurunya maupun sunan Maulana Malik Ibrahim yang datang pertama kali ke Jawa lewat Gresik tahun 1380. Ia kemudian diberikan wilayah kekuasaan sendiri di Bintoro," (Sunan Kalijaga Asal Usul Masjid Agung Demak karya Ade Soekirno).

 

Lihat halaman berikutnya >>>

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement