Selasa 19 Sep 2023 08:32 WIB

5 Keutamaan Mengumandangkan Adzan

Kumandang Adzan menjauhkan penduduk dari bencana.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Erdy Nasrul
Polres Lhokseumawe menggelar lomba adzan bagi seluruh masyarakat maupun instansi di wilayah hukum Polres Lhokseumawe, Rabu (29/6).
Foto: tangkapan layar/Antara
Polres Lhokseumawe menggelar lomba adzan bagi seluruh masyarakat maupun instansi di wilayah hukum Polres Lhokseumawe, Rabu (29/6).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tak ada seruan yang paling baik dari kumandang Adzan. Sebab orang yang mengumandangkan adzan menyeru setiap manusia untuk rujuk dan sujud kepada Allah taala. Ada banyak keutamaan adzan. Berikut beberapa di antaranya:

1)Seruan terbaik seorang hamba

وَمَنْ اَحْسَنُ قَوْلًا مِّمَّنْ دَعَآ اِلَى اللّٰهِ وَعَمِلَ صَالِحًا وَّقَالَ اِنَّنِيْ مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ

Baca Juga

”Dan siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah, mengerjakan amal yang saleh, dan berkata: “Sesungguhnya Aku termasuk orang-orang yang menyerah diri ” (Alquran surat Fushshilat ayat 33)

2)Kumandang Adzan menjauhkan penduduk dari bencana 

Dalam sebuah hadits nabi Muhammad ﷺ dijelaskan bahwa adzan yang dikumandangkan di sebuah desa itu bisa menjauhkan datangnya bencana atau, adzab Allah. Hadits ini juga dapat ditemukan pada kitab at Targib wat Tarhib.

وَقَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : اِذَاأَذَّانَ فِى قَرْيَةٍ أَمَّنَهَااللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ مِنْ عَذَابِهِ ذَلِكَ الْيَوْمَ. 

Rasulullah ﷺ bersabda: Ketika seseorang adzan di dalam satu kampung. Maka Allah memberikan keamanan pada desa itu dari adzabNya (maksudnya dari terjadinya bencana) pada hari itu. 

3)Adzan membuat setan lari ketakutan 

عن أبي هريرة – رضي الله عنه – أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: ((‏ إِذَا نُودِيَ لِلصَّلاَةِ أَدْبَرَ الشَّيْطَانُ لَهُ ضُرَاطٌ حَتَّى لاَ يَسْمَعَ التَّأْذِينَ فَإِذَا قُضِيَ التَّأْذِينُ أَقْبَلَ حَتَّى إِذَا ثُوِّبَ بِالصَّلاَةِ أَدْبَرَ حَتَّى إِذَا قُضِيَ التَّثْوِيبُ أَقْبَلَ حَتَّى يَخْطِرَ بَيْنَ الْمَرْءِ وَنَفْسِهِ يَقُولُ لَهُ اذْكُرْ كَذَا وَاذْكُرْ كَذَا لِمَا لَمْ يَكُنْ يَذْكُرُ مِنْ قَبْلُ حَتَّى يَظَلَّ الرَّجُلُ مَا يَدْرِي كَمْ صَلَّى))

Artinya: Dari Abu Hurairah r.a. bahwasanya Rasulullah SAW  bersabda : Apabila azan dikumandangkan maka syetan akan lari sambil terkentut-kentut sampai dia tidak mendengarkan azan lagi, ketika adzan sudah selesai maka dia kembali lagi. Ketika iqomat dikumandangkan untuk sholat dia kembali pergi, ketika qamat sudah selesai dia kembali lagi supaya bisa mengganggu orang yang shalat, dia mengatakan: ingatlah ini dan ini yang mana hal tersebut tidak teringat olehnya sebelum shalat sehingga akhirnya seseorang tidak menyadari lagi sudah berapa raka’atkah dia shalatnya (Muttafaqun ‘Alaihi, Bukhari dan Muslim)

4) Orang yang mengumandangkan adzan dihapus dosanya

عَنْ عُقْبَةَ بْنِ عَامِرٍ،رضي الله عنه  قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم يَقُولُ ‏ “‏ يَعْجَبُ رَبُّكَ مِنْ رَاعِي غَنَمٍ فِي رَأْسِ شَظِيَّةِ الْجَبَلِ يُؤَذِّنُ بِالصَّلاَةِ وَيُصَلِّي فَيَقُولُ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ انْظُرُوا إِلَى عَبْدِي هَذَا يُؤَذِّنُ وَيُقِيمُ الصَّلاَةَ يَخَافُ مِنِّي قَدْ غَفَرْتُ لِعَبْدِي وَأَدْخَلْتُهُ الْجَنَّةَ

Artinya: Dari ‘Uqbah bin ‘Amir r.a dia berkata : saya mendengar Rasulullah SAW bersabda: Tuhan kalian ( Allah ) sangat kagum dengan seorang pengembala kambing di puncak bukit ( gunung ) ketika dia adzan dan shalat sendiri. Kemudian Allah Azza wa Jalla berfirman : lihatlah hamba-Ku ini, dia azan dan mendirikan shalat karena takut kepada-Ku, maka sungguh aku telah mengampuni dosanya dan memasukkannya ke dalam surga. (Abu Daud).

5)Berhak masuk surga

Hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu ‘Umar bahwasanya Rasulullah SAW bersabda:

مَنْ أَذَّنَ ثِنْتَىْ عَشْرَةَ سَنَةً وَجَبَتْ لَهُ الْجَنَّةُ وَكُتِبَ لَهُ بِتَأْذِينِهِ فِي كُلِّ يَوْمٍ سِتُّونَ حَسَنَةً وَلِكُلِّ إِقَامَةٍ ثَلاَثُونَ حَسَنَةً ‏

Artinya: “Siapa saja yang melakukan adzan sebanyak dua belas kali dalam setahun maka dia berhak masuk sorga, dan akan dicatatkan baginya enam puluh kebaikan setiap hari dia azan, dan untuk setiap qomat (dicatatkan ) tiga puluh kebaikan (HR. Ibnu Majah)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement