Senin 18 Sep 2023 22:54 WIB

Rasulullah SAW tidak Anti-Kehidupan Dunia, Tapi Begini Cara Beliau Menjalaninya

Rasulullah SAW adalah teladan terbaik sepanjang masa

Rep: Rossi Handayani / Red: Nashih Nashrullah
Nabi Muhammad (ilustrasi). Rasulullah SAW adalah teladan terbaik sepanjang masa
Foto: Dok Republika
Nabi Muhammad (ilustrasi). Rasulullah SAW adalah teladan terbaik sepanjang masa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam bukan orang yang menghambur-hamburkan harta, juga bukan seorang yang pelit. Beliau adalah teladan bagi umatnya.  

Seperti dikutip dari buku Nabi Islam Muhammad ﷺ oleh Islamic Sciences and Research Academy of Australia, Beliau adalah seorang yang rendah hati, sederhana dan tengah-tengah dalam urusan hidupnya. Jika beliau makan, makan secukupnya. Tidak makan banyak. 

Baca Juga

Rasulullah SAW pun tidak pernah mencela makanan sekali pun. Tidak pernah kenyang selama dua hari berturut-turut hingga beliau wafat. Jika makan, beliau makan dengan tangan kanan, beliau jilati bekas makanan dari jari-jarinya dan memuji Allah SWT setelah makan. 

Nabi Muhammad ﷺ seperti orang biasa, melayani diri sendiri, memerah susu dari kambingnya. Jika beliau di rumah, beliau habiskan waktunya untuk melayani keluarganya, jika adzan berkumandang beliau langsung ke masjid. 

Beliau menyukai kebersihan, memakai baju bagus tanpa memberati. Beliau suka wangi-wangian, beliau memakai celak "Itsmid" di matanya. 

Biasanya, setelah sholat shubuh beliau suka untuk tetap duduk di tempat sholatnya, membaca Alquran dan berdzikir hingga matahari terbit. 

Sedang pada malam harinya, beliau suka bangun sebelum shubuh untuk melakukan sholat Tahajud sebagai wujud syukur dan pujian kepada Allah SWT. 

Nabi Muhammad SAW, beliaulah seorang mulia nan dermawan. Beliau suka memberi kepada orang lain, pemberian yang sangat banyak, ibarat orang yang tak takut miskin. 

Beliau dan keluarganya tidak menerima sedekah atau zakat yang telah dikumpulkan oleh amil zakat.  

Baca juga: Keajaiban Angka 19 yang Disebutkan dalam Alquran dan Pengakuan Sarjana Barat 

Rumahnya terbuat dari tanah liat, rumah yang sederhana. Atapnya terbuat dari pelepah kurma dan kulit unta. Beliau selalu bersenandung: 

مَا لِيْ وَلِلدُّنْيَا؟ مَا أَنَا وَالدُّنْيَا؟! إِنَّمَا مَثَلِيْ وَممَثَلُ الدُّنْيَا كَمَثَلِ رَاكِبٍ ظَلَّ تَحْتَ شَجَرَةٍ ثُمَّ رَاحَ وَتَرَكَهَا 

“Ada urusan apa aku dengan dunia? Aku di dunia ini tidak lain kecuali seperti seorang pengendara yang mencari teteduhan di bawah pohon, lalu beristirahat, kemudian meninggalkannya” (Hadits sahih riwayat Bukhari dari Ibnu Abbas).

Baca juga: Dalil Ayat Alquran dan Hadits Ini Tegaskan Muhammad SAW adalah Nabi dan Rasul Terakhir

Muhammad bukanlah seorang yang pemarah, beliau selalu berpesan kepada sahabatnya untuk menjadi orang yang penyabar dan menjauhi rasa marah, kecuali dalam hal yang didalamnya dilanggar aturan Allah SWT. 

Aisyah, istri beliau, menyebutkan bahwa beliau tidak pernah sekalipun memukul dengan tangannya kecuali dalam berjihad dan berperang di jalan Allah SWT. Beliau tidak pernah memukul pelayannya, juga tidak pernah memukul perempuan, tidak pernah membalas kejelekan dengan kejelekan, tetapi beliau memaafkan dan berlapang dada. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement