Senin 18 Sep 2023 06:54 WIB

Sulit Merelakan? Begini Panduannya dalam Islam

Merelakan merupakan bagian dari mengikhlaskan segala hal.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi berdoa, upaya untuk merelakan dan mengikhlaskan
Foto:

Sebagai orang beriman, kita selalu sadar bahwa hanya Allah SWT yang mengendalikan segala sesuatu. Untuk jangka waktu tertentu, mungkin bisa membodohi diri sendiri dengan berpikir bahwa kita mempunyai semacam kendali. Namun semakin cepat menyadari bahwa hal ini tidak benar, maka akan semakin mudah kita melepaskan hal-hal yang menghambat perjalanan di dunia.

Brendon Burchard juga telah membagikan pendapatnya, bahwa alih-alih terus memikirkan masa lalu, kita harus melihat ke masa depan dan bertanya pada diri sendiri pelajaran apa yang telah kita petik dari situasi yang sulit kita lepaskan.

"Carilah pelajarannya dan ambillah sesuatu darinya. Itu nasihat yang bagus, karena mencari yang baik dalam segala situasi itu bermanfaat," kata Stacey.

Kadang-kadang ketika segala sesuatunya tampak tidak berjalan sesuai rencana, tidak sedikit yang menjadi putus asa daripada mencari pelajaran dan fokus pada kebaikan yang melekat dalam segala situasi.

Kapan pun dilanda ketakutan dan kesedihan, kapan pun menyadari akhirnya harus melepaskan dan bergerak maju tetapi tidak mampu mengambil langkah pertama, maka sebagai hamba-Nya kita harus berpaling kepada Allah SWT.

Hanya Dia yang dapat meringankan jiwa yang bermasalah dan hanya Allah SWT saja yang dapat membuka jalan untuk melepaskan beban dan ketakutan yang menghambat atau menghalangi jalan ini.

 

"Ketika kita ingin maju atau bahkan ingin menghentikan komidi putar memusingkan yang disebut kehidupan, kita harus berpaling kepada Allah SWT dan percaya bahwa Dia tahu apa yang terbaik, serta akan membimbing ke tempat yang lebih baik dalam hidup ini dan di masa depan," ucap dia.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement