Jumat 15 Sep 2023 16:25 WIB

Rumah Orang Eropa Dahulu tanpa Toilet, Mandi Dianggap Tradisi Islam

Ahli kimia Muslim memiliki unggulan dalam membuat sabun.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Arkeolog menemukan sebuah pemandian Islam abad ke-12 di dalam sebuah bar di kota Sevilla, Spanyol.
Foto:

Muslim Perkenalkan Sabun ke Inggris

Bahkan, yang memperkenalkan sabun dan sampo ke Inggris adalah seorang Muslim India bernama Muhammad Ba'ts, yang kemudian diangkat ke istana Raja George dan William IV untuk urusan kebersihan. Inggris berutang kepada dunia Islam atas pengetahuannya tentang kamar mandi yang bersih.

Mengapa kamar mandi dalam bahasa Inggris disebut bathroom? Karena yang memperkenalkan kamar mandi ke Inggris adalah Muhammad Ba'ts, muslim India itu. Muhammad Ba'ts masuk ke Inggris antara abad ke-17 dan ke-18.

Dia juga mentransfer kreativitas umat Islam dalam membangun pemandian di mana mereka belajar tentang sampo melalui pemandian tersebut. Beberapa petualang menceritakan Eropa mengenal sabun Arab lebih dari seribu tahun yang lalu, pada masa pendudukan Tentara Salib di wilayah Arab.

Ada pula sejarawan yang menceritakan bahwa tentara dan perwira tentara Salib biasa membawa sabun sebagai hadiah untuk keluarga, kerabat, teman, dan tuan mereka.

Selama bertahun-tahun, kehadiran sabun Tripoli, Nabulsi, dan Aleppo telah menjadi kebutuhan utama di pasar Eropa. Ini menjadi suatu keharusan untuk wewangian atau untuk mengobati beberapa masalah kulit umum mereka, seperti eksim, psoriasis, alergi, dan penyakit lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement