Jumat 15 Sep 2023 14:41 WIB

Peristiwa-Peristiwa Ajaib Ketika Nabi Muhammad Lahir

Nabi Muhammad merupakan kebanggaan semua makhluk.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Erdy Nasrul
Warga Jakarta membaca Salawat saat mengikuti Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid Sunda Kelapa, Jakarta,
Foto: dok. Republika
Warga Jakarta membaca Salawat saat mengikuti Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid Sunda Kelapa, Jakarta,

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Peristiwa-peristiwa besar mengiringi kelahiran Rasulullah SAW. Tentu saja, hal ini menjadi ciri lahirnya seorang yang mulia dan agung, kekasih Tuhan. Kelahiran beliau SAW menjadi rahmat dan berkah bagi semesta alam.

Dikutip dari buku Jalan Damai Rasulullah karya Fuad Abdurrahman, berikut adalah peristiwa-peristiwa ajaib yang mengiringi kelahiran Baginda Nabi Muhammad SAW selain kehancuran pasukan Abrahah.

Baca Juga

Cahaya terang

Imam Baihaqi menuturkan bahwa seorang wanita bernama Fatimah berkata, "Aku hadir dan menyaksikan sendiri kelahiran Muhammad. Ketika itu, aku melihat cahaya terang menyinari seisi rumah tempat beliau dilahirkan. Selain itu, aku melihat beberapa bintang bersinar turun mendekat hingga aku merasa seolah-olah bintang-bintang itu hendak mematuhi diriku.”

"Baginda Nabi sendiri pernah menjelaskan bahwa ibunya melihat cahaya yang memancar ke Timur dan dan Barat saat beliau lahir" (HR Ahmad).

Padamnya api Majusi

Sebelum kelahiran Rasulullah SAW, masyarakat Majusi menyembah api dan menganggap api itu sebagai Tuhan. Konon, api itu tidak pernah padam selama beratus-ratus tahun. Namun, saat Baginda Nabi lahir, api itu seketika padam.

Tentu saja, para pengikut agama Majusi berusaha menyalakan kembali apinya, tetapi tetap tidak bisa menyala. Mereka menduga bahwa padamnya api yang selama ini mereka sembah, pasti menunjukkan terjadinya peristiwa besar di dunia.

Robohnya tiang-tiang Istana Kaisar

Imam Baihaqi juga meriwayatkan tentang robohnya tiang-tiang istana Kaisar, juga beberapa gereja dan biara yang runtuh.

Ka'bah bergetar dan berhala jatuh

Dalam sebuah riwayat dikisahkan bahwa Abdul Muthalib pernah berkata, "Sewaktu aku berada di dekat Ka'bah, patung berhala yang ada di dalam Ka'bah tiba-tiba jatuh tersungkur dari tempatnya dalam bentuk bersujud kepada Allah. Aku juga mendengar suara dari dinding Ka'bah, 'Nabi terpilih telah lahir yang akan menghancurkan orang-orang kafir, dan membersihkan aku dari beberapa patung berhala, serta memerintahkan untuk menyembah kepada Zat yang Merajai Alam ini."

Dalam riwayat lain, Ka'bah sempat bergetar tiga hari berturut-turut dan ada suara dari dalam Ka'bah: "Katakanlah telah datang kebenaran (Islam) dan tidak akan memulai kebatilan, juga tidak akan mengembalikan kekufuran."

 

Keajaiban lainnya, lihat halaman setelah ini >>>

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement