Selasa 12 Sep 2023 09:54 WIB

Lima Kitab Maulid Nabi Muhammad yang Populer di Indonesia (1) 

Rabiul Awal disebut juga bulan Maulid Nabi Muhammad.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil
 Lima Kitab Maulid Nabi Muhammad yang Populer di Indonesia (1). Foto:  Kitab Barzanji.
Foto: blogspot.com
Lima Kitab Maulid Nabi Muhammad yang Populer di Indonesia (1). Foto: Kitab Barzanji.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Ketika memasuki bulan Maulid, mayoritas umat Muslim di Indonesia mengisinya dengan membaca kitab-kitab maulid. Tradisi membaca kitab Maulid tak hanya dilakukan di pesantren, masjid, dan mushola. Bahkan di beberapa daerah, tradisi membaca kitab-kitab maulid berlangsung dari rumah ke rumah dalam rangka memperingati kelahiran nabi Muhammad SAW. Apa saja kitab maulid yang populer dibaca umat Muslim di Indonesia ketika memperingati maulid?

1)Al Barzanji

Baca Juga

Kitab Al Barzanji menjadi kitab maulid paling populer dibaca umat Muslim di Indonesia. Hampir di setiap pesantren, masjid, mushola, membaca kitab barzanji ketika peringatan maulid. Bahkan di banyak pesantren di Jawa, membaca kitab Barzanji menjadi rutinitas ketika malam Jumat setelah membaca tahlil. 

Sejatinya kitab ini bernama Iqdul Jauhar di Maulidan Nabiyyil Azhar, namun lebih masyhur di masyarakat Indonesia dengan sebutan Al Barzanji merujuk pada pengarangnya yakni  Sayyid Zainal ‘Abidin Ja’far bin Hasan bin ‘Abdul Karim al Husaini asy Syahzuri al Barzanji. 

Sayyid Ja'far Al Barzanji lahir di Madinah pada Kamis awal bulan Dzulhijjah 1128 H atau 1716 M. Beliau wafat dan dimakamkan di Baqi' pada Selasa 4 Syaban 1177 H atau 1763 M. Syekh Ja'far Al Barzanji dikenal sebagai ulama yang 'alim dan wara' yang mendalami ilmu tafsir Alquran dan hadits dan cabang ilmu lainnya. Ia bahkan tercatat sebagai Mufti Mazhab Syafi'i di Madinah pada usia 31 tahun. 

هُوَ الْمُدْنِي الشَّافِعِي الشَّيْخُ الفَاضِلُ العَالِمُ البَارِعُ الأَوْحَدُ المُتَفَنِّنُ مُفَتِي السَّادَةِ الشَّافِعِيَّةِ بِالْمَدِيْنَةِ النَّبَوِيَّةِ. وَكَانَ فَرْدًا مِنْ أَفْرَادِ الْعُصْرِ

Artinya, “Ia (Sayyid Ja’far al Barzanji) adalah ulama Madinah, bermazhab Syafi'i, seorang syekh, orang mulia, alim, orator ulung, satu-satunya yang menguasai berbagai cabang ilmu, mufti para syadah mazhab Syafi’iyah di Madinah an-Nabawiyah. Ia juga menjadi satu-satunya ulama (yang memenuhi kriteria tersebut) pada zamannya.” (Syekh Abil Fadl Muhammad Khalil bin ‘Ali al-Muradi dalam kitab Silkud Durâr fi A’yanil Qurynits Tsani ‘Asyar,  terbitan Darul Basya iril Islamiyyah, Beirut).

Sayyid Ja'far Al Barzanji menyusun kitab maulid Al Barzanji sebab kecintaannya yang begitu besar kepada Rasulullah SAW. Dalam kitab ini, Sayyid Ja'far Al Barzanji menuliskan tentang silsilah nasab Nabi Muhammad sampai pada Sayyid Adnan, selain itu ia juga menuliskan tentang kelahiran nabi Muhammad dan peristiwa-peristiwa luar biasa yang terjadi kala itu, sejarah masa kecil nabi serta kelebihan Rasulullah. Selain itu kisah masa nabi mengikuti pamannya berdagang ke Syam, pernikahan dengan Sayyidah Khadky dan diangkatnya nabi Muhammad SAW menjadi rasul di usia 40 tahun serta masa dakwahnya hingga wafatnya Rasulullah SAW. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement