Senin 11 Sep 2023 15:36 WIB

Makna Bulan Rabiul Awal

Rabiul Awal adalah bulan di mana bermulanya musim bunga di Jazirah Arab.

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah
Makna Bulan Rabiul Awal
Foto: Antara/Ahmad Subaidi
Makna Bulan Rabiul Awal

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebentar lagi umat Islam akan memasuki bulan Rabiul Awal 1445 Hijriyah. Bulan Rabiul Awal terdiri dari dua kata, yaitu Rabi’ dan Awal. Rabi’ berarti musim bunga, sedangkan Awal berarti yang pertama.

Menukil dari buku Mengenal Nama Bulan dalam Kalender Hijriyah terbitan Balai Pustaka, Rabiul Awal adalah bulan di mana bermulanya musim bunga bagi tanaman. Berdasarkan kebiasannya di Jazirah Arab, saat bulan Rabiul Awal buah-buahan mulai berbunga dan kemudian berbuah.

Baca Juga

“Dan setelah kedatangan Islam, Rasulullah SAW telah mengabadikan nama Rabiul Awal ini hingga sekarang sebagai bulan ketiga dalam kalender Hijriyah,” jelas penulis buku tersebut, Ida Fitri Shohibah.

Bulan Rabiul Awal memiliki makna khusus dalam agama Islam karena pada tanggal 12 Rabiul Awal, umat Islam merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW, yaitu hari kelahiran Nabi Muhammad. Disebutkan bahwa Nabi Muhammad lahir pada 12 Rabiul Awal tahun gajah yang bertepatan dengan 23 April 571 Masehi.

 

Lalu kapan Rabiul Awal tahun ini?

Berdasarkan Kalender Masehi, 12 Rabiul Awal 1445 H bertepatan dengan 28 September 2023. Karena itu, Maulid Nabi Muhammad SAW tahun ini akan diperingati pada Kamis (28/9/2023).

Maulid Nabi Muhammad SAW biasanya dirayakan dengan berbagai kegiatan keagamaan dan kebudayaan di seluruh dunia Islam. Ini adalah waktu untuk merenungkan ajaran dan kehidupan Nabi Muhammad serta untuk meningkatkan rasa cinta dan penghormatan terhadap beliau.

Selain terdapat peristiwa kelahiran Nabi Muhammad SAW, banyak peristiwa lainnya yang terjadi di bulan. Di antaranya adalah diangkatnya Nabi Muhammad sebagai Rasul, peristiwa hijrah, wafatnya Rasul, dan diangkatnya Abu Bakar sebagai khalifah.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement