Jumat 08 Sep 2023 12:28 WIB

Jangan Sia-siakan Waktu Setelah Isya, Tutup Hari dengan Amalan Berikut Ini

Mengerjakan sholat sunnah itu menjadi pungkasan amalmu sebelum tidurmu.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Jemaah Muslim meninggalkan masjid setelah berbuka puasa dan menghadiri sholat isya, selama bulan puasa Ramadhan, di Rawalpindi, Pakistan, Rabu, 14 April 2021.
Foto:

Imam Al Ghazali juga menjelaskan bahwa setelah sholat Isya hendaknya mengisi waktu dengan kegiatan yang bermanfaat. Jika telah sholat Isya dan telah melaksanakan sholat-sholat sunah termasuk witir, hendaknya mengisi waktu sebelum tidur dengan aktivitas yang manfaat seperti membaca atau mempelajari ilmu.

Sedangkan Imam Ghazali mengingatkan agar tidak menyia-nyiakan waktu setelah Isya dengan perbuatan yang sia-sia apalagi dengan bermain. Maka, lebih baik mengisinya dengan sholat atau mengerjakan amal. Sebab dengan itulah seseorang menutup harinya dengan kebaikan.

ثم اشتغل بعد ذلك بمذاكرة علم أو مطالعة كتاب ، ولا تشتغل باللهو واللعب فيكون ذلك خاتمة أعمالك قبل نومك فإنما الأعمال بخواتمها.

Artinya: "Kemudian sibukkanlah sesudah mengerjakan sholat witir dengan mempelajari ilmu atau dengan mutolaah kitab. Dan jangan engkau sibuk dengan perbuatan sia-sia dan main-main. Karena mengerjakan sholat sunnah itu menjadi pungkasan amalmu sebelum tidurmu. Maka, sungguh amal-amal itu dilihat akhirnya."

photo
Infografis Lima Amalan yang Membuat Manusia Didoakan Malaikat - (Republika.co.id)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement