Jumat 08 Sep 2023 12:28 WIB

Jangan Sia-siakan Waktu Setelah Isya, Tutup Hari dengan Amalan Berikut Ini

Mengerjakan sholat sunnah itu menjadi pungkasan amalmu sebelum tidurmu.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Jemaah Muslim meninggalkan masjid setelah berbuka puasa dan menghadiri sholat isya, selama bulan puasa Ramadhan, di Rawalpindi, Pakistan, Rabu, 14 April 2021.
Foto: AP/Anjum Naveed
Jemaah Muslim meninggalkan masjid setelah berbuka puasa dan menghadiri sholat isya, selama bulan puasa Ramadhan, di Rawalpindi, Pakistan, Rabu, 14 April 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak amalan-amalan sunah yang memiliki keutamaan untuk dikerjakan setelah sholat Isya. Sehingga dengan mengerjakan amal-amal sunah itu akan terhindar dari menyia-nyiakan waktu setelah sholat Isya.

Imam Al Ghazali dalam kitab Bidayatul Hidayah memberikan tuntunan agar setelah sholat Isya hendaknya seorang Muslim melanjutkannya dengan mengerjakan sholat rawatib atau sholat sunah ba'diyah Isya dua rakaat. Dalam melaksanakan sholat Ba'diyah Isya ini diutamakan untuk membaca surat as Sajadah dan Al Mulk. Atau juga membaca surat Yasin dan Ad Dukhan.

Baca Juga

ثم صل الفرض ، وصل الراتبة ركعتين ، واقرأ فيهما بسورة (آلم) السجدة. و (تبارك) الملك. أو سورة (يس) و (الدخان) . فذلك مأثور عن رسول الله ﷺ.

Artinya: "Maka kemudian sholat fardhulah engkau dan sholat rawatiblah engkau dua rakaat (sholat ba'diyah isya). Dan bacalah dalam sholat sunah badiyah isya itu surat as Sajadah, surat Al Mulk, atau surat Yasin dan Ad Dukhan. Karena membaca surat itu semua itu matsur diriwayatkan dari Rasulullah SAW,". (Lihat kitab Bidayatul Hidayah halaman 123 cetakan Darul Minhaj Lebanon Beirut).

Lebih bagus lagi setelah menunaikan sholat Ba'diyah Isya dilanjutkan dengan melaksanakan sholat sunah mutlak empat rakaat.

وصل بعدهما أربع ركعات . ففي الخبر ما يدل على عظم فضله.

Artinya: "Dan sholat sunnahlah empat rakaat (sholat sunah mutlak) sesudah sholat sunah badiyah Isya. Dan disebutkan dalam hadits yang menunjukan atas agung fadhilah sholat sunah empat rakaat sesudah sholat sunah ba'diyah Isya,".

Bagi seseorang yang khawatir tidak dapat bangun malam...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement